Analisi Yuridis Penerapan Unpaid Leave Sebagai Langkah Pencegahan Terhadap.Pemutusan Hubungan Kerja Berdasarkan Hukum Perburuhan Di Indonesia

Taruna, Salma Ariana and Prof. Dr. Abdul Rachmad Budiono and Ratih Dheviana Puru H. (2021) Analisi Yuridis Penerapan Unpaid Leave Sebagai Langkah Pencegahan Terhadap.Pemutusan Hubungan Kerja Berdasarkan Hukum Perburuhan Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat judul Analisis Yuridis Penerapan Unpaid Leave Sebagai Langkah Pencegahan.Terhadap.Pemutusan.Hubungan Kerja Berdasarkan Hukum Perburuhan di Indonesia. Permasalahan yang diangkat dilatarbelakangi maraknya skema unpaid leave atau cuti tidak dibayar yang diterapkan pengusaha terhadap pekerja/buruh dalam kesulitan ekonomi, yang kemudian disebut-sebut sebagai langkah pencegahan PHK. Permasalahan tersebut akan dicoba dijawab melalui penelitian atas rumusan masalah: Apakah unpaid leave dapat digunakan sebagai langkah pencegahan terhadap pemutusan hubungan kerja berdasarkan hukum perburuhan di Indonesia? Penulisan karya ilmiah berupa skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Bahan hukum yang digunakan yakni bahan hukum primer, sekunder, dan tersier akan dianalisis dengan teknik analisis gramatikal, yaitu penafsiran yang digunakan untuk mengetahui makna ketentuan undang-undang dengan menguraikannya menurut bahasa, susunan kata, atau bunyinya sehingga jelas maksud dan makna perundang-undangan yang ditafsirkan, dan analisis sistematis yaitu menafsirkan undang-undang sebagai bagian dari keseluruhan sistem perundang-undangan dengan jalan menghubungkannya dengan peraturan perundang-undangan lainnya. Dengan penelitian menggunakan metode di atas, penulis memeroleh hasil penelitian atas rumusan masalah yang dikemukakan, bahwa unpaid leave atau cuti tidak dibayar yang selama ini praktiknya ditafsirkan sebagai membebaskan pekerja/buruh dari pekerjaan dan dating ke tempat kerja tanpa diupah digantungkan pada penafsiran“Pasal 93 Ayat (1) Undang- Undang 13/2003 tentang Ketenagakerjaan”yang bunyinya, “Upah tidak dibayar apabila pekerja/buruh tidak melakukan pekerjaan” dan“Pasal 40 Ayat (1) Peraturan Pemerintah nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan“yang menyatakan “Upah tidak dibayar apabila Pekerja/Buruh tidak masuk bekerja dan/atau tidak melakukan pekerjaannya”, namun unpaid leave atau cuti tidak dibayar ini tidak dikenal dalam hukum perburuhan di Indonesia. Dengan demikian, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis skema unpaid leave atau cuti tidak dibayar tidak dapat digunakan sebagai langkah pencegahan terhadap pemutusan hubungan kerja menurut hukum perburuhan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010153
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 May 2023 02:25
Last Modified: 26 May 2023 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200399
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salma Ariana Taruna.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item