Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA).

Rovinimzovic, Hana Insyira and Dr. Niken Lastiti Veri A,, MAP. and Ali Maskur, S.AP., M.AP., MA (2022) Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Pengguna, pengaruh Informasi terhadap Kepuasan Pengguna, pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna. Uji hipotesis pada penelitian adalah pengaruh: (1) Kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna SIFIA, (2) Kualitas Informasi terhadap kepuasan pengguna SIFIA, dan (3) Kualitas Layanan terhadap kepuasan pengguna SIFIA. Penelitian ini dilakukan pada Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 100 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukan variabel kualitas sistem memiliki nilai T sebesar 9,258 dengan nilai Significant sebesar 0,000 (0,000<0,05). Nilai Significant < alpha menunjukan secara parsial variabel kualitas sistem berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hasil uji variabel Kualitas Informasi memiliki nilai T sebesar 12,305 dengan nilai Significant sebesar 0,000 (0,000<0,05). Nilai Significant < alpha menunjukan secara parsial variabel kualitas Informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hasil uji variabel Kualitas Layanan memiliki nilai T sebesar 16,279 dengan nilai Significant sebesar 0,000 (0,000<0,05). Nilai Significant < alpha menunjukan secara parsial variabel kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Sehingga dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh dari kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna. Namun perlu adanya peningkatan server sistem atau pengembangan sistem kembali untuk meminimalisir error, dan untuk kualitas informasi perlu adanya peningkatan mengenai kejelasan informasi yang disajikan agar dapat menyajikan informasi secara tepat waktu, dan untuk kualitas layanan juga perlu adanya meningkatkan empati dan ketanggapan dari penyedia sistem agar mahasiswa yang memerlukan layanan dapat segera ditangani dengan cepat.

English Abstract

The research aims to determine the effect of System Quality on User Satisfaction, the effect of Information on User Satisfaction, the effect of Service on User Satisfaction. Testing the hypothesis in this research is the effect of: (1) System quality on SIFIA user satisfaction, (2) Information Quality on SIFIA user satisfaction, and (3) Service Quality on SIFIA user satisfaction. This research was conducted at the Information System Faculty of Administrative Sciences (SIFIA). This type of research is quantitative research. Sampling using cluster random sampling. The sample is determined by as many as 100 students. Methods of data collection using questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis of percentages and multiple linear regression analysis. The results of the analysis show that the system quality variable has a T value of 9.258 with a significant value of 0.000 (0.000<0.05). The Significant value <alpha shows partially that the system quality variables affect user satisfaction. The test results for the Information Quality variable have a T value of 12.305 with a significant value of 0.000 (0.000 <0.05). Significant value <alpha shows partially that the information quality variable influences user satisfaction. The results of the Service Quality variable test have a T value of 16.279 with a significant value of 0.000 (0.000 <0.05). Significant value <alpha shows partially the service quality variable influences user satisfaction. So that it can be concluded that there is an influence from system quality, information quality, and service quality on user satisfaction. However, it is necessary to increase the system server or re-develop the system to minimize errors, and for information quality it is necessary to increase the clarity of the information presented so that information can be presented in a timely manner, and for service quality it is also necessary to increase empathy and responsiveness from system providers so that students who require service can be handled quickly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030008
Uncontrolled Keywords: Kualitas sistem, Kualitas Informasi, Kualitas layanan, Kepuasan Pengguna .- System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2023 08:54
Last Modified: 25 May 2023 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200369
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hana Insyira Rovinimzovic.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item