Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Konsumen Cinépolis Lippo Plaza Batu)

Aulia, Ferdiana Arifatul and Inggang Perwangsa Nuralam,, SE., MBA., PhD. (2023) Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Konsumen Cinépolis Lippo Plaza Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cinépolis Lippo Plaza Batu resmi berdiri pada 28 April 2017 dan terletak di lantai 4 Lippo Plaza Batu. Kualitas Layanan dan Harga merupakan anteseden utama dari Loyalitas Pelanggan yang digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam industri yang sangat kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan dari Harga dan Kualitas Layanan yang merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan yang dapat mengarah pada Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatif atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari bioskop Cinépolis Lippo Plaza Batu. Sampel sebanyak 125 responden yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan offline. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Harga (X1) dan Kualitas Layanan (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) karena kualitas yang ditawarkan sudah sesuai dengan harga tiket dan mengarah pada loyalitas pelanggan, 2) Harga (X1) secara parsial memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) karena harga bukan menjadi faktor utama dalam menentukan loyalitas pelanggan, 3) Kualitas Layanan (X2) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) karena layanan baik bentuk fisik maupun karyawan dilakukan dengan baik.

English Abstract

Cinépolis Lippo Plaza Batu was officially established on April 28, 2017 and is located on the 4th floor of Lippo Plaza Batu. Service Quality and Price are the main antecedents of Customer Loyalty, which are used to gain a competitive advantage in highly competitive industries. This study aims to identify and analyze the relationship between Price and Service Quality, which are important factors to choose from that can lead to Customer Loyalty. This type of research uses explanatory research or explanatory research with a quantitative approach. The population in this study are consumers of the Cinépolis Lippo Plaza Batu cinema. A sample of 125 respondents was taken using accidental sampling techniques. Methods of data collection use online and offline questionnaires. Descriptive analysis and multiple linear regression analysis were used. The results of this study indicate that 1) Price (X1) and Service Quality (X2) simultaneously have a significant effect on Customer Loyalty (Y) because the quality offered is in accordance with the ticket price and leads to customer loyalty, 2) Price (X1) partially has an insignificant effect on Customer Loyalty (Y) because price is not the main factor in determining customer loyalty, 3) Service Quality (X2) partially has a significant effect on Customer Loyalty (Y) because the service, both physically and by employees, is excellent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030006
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan .- Price, Service Quality, Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2023 06:19
Last Modified: 25 May 2023 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200329
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ferdiana Arifatul Aulia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item