Implementasi Pasal2Ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Standar Harga Satuan RegionaI Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Di Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang)

Yoga, Krista and Lutfie Effendi and Dr. Indah Dwi Qurbani (2020) Implementasi Pasal2Ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Standar Harga Satuan RegionaI Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Di Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tentang peIaksanaan kegiatan pengeIoIaan keuangan daerah di kabupaten MaIang, pemilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya permasalahan di dalam penerapan perpres nomor 33 tahun 2020 tentang standar harga satuan regionaI dimana dalam pengeIolaan keuangan daerah kabupaten MaIang masih terdapat beberapa ketentuan yang mempersuIit pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan pengeloIaan keuangan Daerah. Berdasarkan hal tersebut diatas, peneIitian ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana Implementasi Pasal 2 Ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Standar Harga Satuan RegionaI Terhadap PeIaksanaan Kegiatan Pengelolaan Keuangan Daerah Di Kabupaten Malang? (2) Apa faktor yang mempengaruhi Implementasi Pasal 2 Ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Standar Harga Satuan RegionaI Terkait PeIaksanaan Kegiatan Pengelolaan Keuangan Daerah Di Kabupaten MaIang? Berdasarkan hal tersebut diatas, peneIitian ini menggunakan metode yuridis empiris, dengan menggunakan pendekatan yuridis sosioIogis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan narasumber yaitu pihak badan keuangan dan aset daerah Kabupaten Malang dan data sekunder yang di peroleh dari peraturan perundang-undangan, dokumen resmi, buku-buku dan internet. Data yang sudah di dapatkan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data yang sudah diperoleh dari penelitian selanjutnya di analisis guna dapat, menjawab permasalahan hukum yang telah di rumuskan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode yang sudah dijelaskan diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada pada Implementasi Pasal 2 Ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Standar Harga Satuan Regional Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Pengelolaan Keuangan Daerah Di Kabupaten Malang, terdapat ketentuan yang mempersulit dalam pengelolaan keuangan Daerah di Kabupaten Malang adalah penetapan uang harian perjalanan dinas dalam kota lebih dari 8 jam, karena masing-masing Daerah berbeda-beda kondisniya seperti luas wilayah, kondisi geografis, sosial masyarakat, ketersediaan infrastruktur dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522010292
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 May 2023 02:49
Last Modified: 25 May 2023 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200308
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Krista Yoga.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item