Analisis Kinerja BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang Dalam Perspektif Balance Scorecard (BSC)

Ahmad, Deny Najmuddin and Dr., Endah Setyowati,, S.Sos., M.Si and Rispa Ngindana,, S.AP., M.AP (2022) Analisis Kinerja BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang Dalam Perspektif Balance Scorecard (BSC). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum yang dibentuk oleh pemerintah guna menyelenggarakan program jaminan sosial bagi masyarakat tepatnya yang berlokasi di Kota Malang. Pembentukan BPJS Ketenagakerjaan telah tercantum dalam Undang - Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Tujuan pembentukan BPJS Ketenagakerjaan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemberian jaminan sosial dan terpenuhinya kebutuhan dasar yang layak bagi setiap individu/masyarakat di Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) menganalisis dan mendeskripsikan kinerja BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang berdasarkan perspektif balance scorecard (BSC), (2) menganalisis dan mendeskripsikan faktor yang dapat meningkatkan kinerja BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang secara keseluruhan dinilai cukup baik jika dinilai berdasarkan balance scorecard. Hal ini dapat dilihat dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta proses pertumbuhan dan pembelajaran. Selain itu, terdapat faktor-faktor yang mampu meningkatkan kinerja organisasi pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa kinerja organisasi pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang dilihat dari perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran sebagian telah mencapai hasil yang ditetapkan sebelumnya, dan dari perspektif pelanggan untuk segi akusisi pelanggan masih belum mendapatkan hasil yang baik. Sedangkan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi sebagian telah meningkatkan kinerja dan sebagian belum meningkatkan kinerja.

English Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan is a legal entity formed by the government to provide social insurance programs for people who live in Malang. The establishment of BPJS Ketenagakerjaan has been stated in UU no. 24 of 2011 concerning Legal Entity who provide social insurance. The purpose of BPJS Ketenagakerjaan is to realize in giving social insurance and fulfillment the basic needs for people who live in Indonesia. The objectives of this study are as follows: (1) describe and analyze the performance of BPJS Ketenagakerjaan in Malang based on balanced scorecard (BSC) perspective, (2) describe and analyze each factor that improve the performance of BPJS Ketenagakerjaan in Malang. This research is classified as descriptive research with qualitative approach. Data are collected through interviews and documentation. Data are analyzed using Miles, Huberman, and Saldana method. The results of this study indicate that the overall the performance of BPJS Ketenagakerjaan in Malang City is considered quite good if assessed based on the balanced socrecard. This can be known from a financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and the growth & development processes. In addition, there are several factors that can improve organizational performance at BPJS Ketenagakerjaan in Malang. This study concludes that organizational performance of BPJS Ketenagakerjaan in Malang as seen from the finance, customers, internal business processes, and growth & development perspective has partially met the results that has been set previously. Otherwise, when the organizational performance is taken from customer perspective as a customer acquisition, it still doesn’t meet the requirement. However, there are several factors that can increase organizational performance and the others aren’t.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030196
Uncontrolled Keywords: Kinerja Organisasi, Balance Scorecard (BSC), Faktor Pendukung Kinerja Organisasi .- Organizational Performance, Balanced Scorecard (BSC), Factors Supporting Organizational Performance
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2023 01:19
Last Modified: 25 May 2023 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200261
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Deny Najmuddin Ahmad.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item