Kepastian Hukum Pengaturan Tarif Minimum Royalti Hak Cipta Atas Lagu Dan/Atau Musik Dalam Aplikasi Streaming Musik Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik

Claudia, Avianda Janenina and Afifah Kusumadara, S.H., LL.M., SJD. and Moch. Zairul Alam, S.H., M.H. (2021) Kepastian Hukum Pengaturan Tarif Minimum Royalti Hak Cipta Atas Lagu Dan/Atau Musik Dalam Aplikasi Streaming Musik Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan pada Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 terkait dengan pengelolaan royalti Hak Cipta lagu dan/atau musik. Pada Peraturan Pemerintah tersebut sudah mengatur mengenai pemberian tarif minimum royalti bagi usaha-usaha konvensional yang menggunakan musik secara komersial, akan tetapi belum ada aturan yang mengatur mengenai pemberian tarif minimum royalti bagi platform-platform musik streaming. Sedangkan di era digital ini semakin banyak platform-platform musik bermunculan yang juga menggunakan musik secara komersial. Berdasarkan hal tersebut diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana kepastian hukum pemberian tarif royalti dalam aplikasi streaming musik berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik? (2) Bagaimana model pengaturan pemberian royalti yang tepat atas hak cipta lagu dan/atau musik dalam aplikasi streaming musik antara Indonesia dengan negara Uni Eropa? Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute Approach) dan pendekatan perbandingan (comparative approach). Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan metode penafsiran gramatikal, penafsiran komparatif dan futuristik. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa tidak adanya pengaturan mengenai pemberian royalti lagu dan/atau musik pada aplikasi streaming musik khususnya pada aplikasi streaming musik, dapat memberikan permasalahan hukum yaitu terjadinya berbagai pelanggaran Hak Cipta. Oleh karena itu saran yang dapat penulis ajukan berdasarkan studi perbandingan dengan Undang-Undang Hak Cipta yang baru di negara Uni Eropa yaitu, perlu dilakukan pertimbangan pembaharuan terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 untuk mengatur mengenai pemberian tarif minimum royalti lagu dan/atau musik pada aplikasi streaming musik dengan tujuan Pencipta, Pemegang Hak Cipta dan Hak Terkait mendapatkan perlindungan dan kepastian hukum yang jelas dalam industri musik digital, khususnya pada aplikasi streaming musik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010143
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 May 2023 02:35
Last Modified: 24 May 2023 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200162
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Avianda Janenina Claudia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item