Perlindungan Hukum Terhadap Penggunaan Data Pribadi Pelanggan Untuk Kegiatan Periklanan Oleh Penyelenggara Jasa Telekomunikasi

Kusuma, Anintyas and Dr. Reka Dewantara,, S.H., M.H. and Diah Pawestri Maharani,, S.H., M.H. (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Penggunaan Data Pribadi Pelanggan Untuk Kegiatan Periklanan Oleh Penyelenggara Jasa Telekomunikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan pada perlindungan hukum bagi pelanggan penyelenggara jasa telekomunikasi yang menggunakan data pribadi pelanggan untuk kegiatan periklanan mencakup perlindungan secara preventif dan represif serta mengenai tanggung jawab hukum penyelenggara jasa telekomunikasi. Dilatarbelakangi oleh kekosongan hukum Berdasarkan hal tersebut diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana perlindungan hukum bagi pelanggan yang data pribadinya dipergunakan untuk kegiatan periklanan oleh Penyelenggara Jasa Telekomunikasi ? (2) Bagaimana tanggung jawab hukum bagi Penyelenggara Jasa Telekomunikasi yang menggunakan data pribadi pelanggan untuk kegiatan periklanan ? Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conseptual approach). Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan metode penafsiran gramatikal, Penаfsirаn Kompаrаtif dаn Futuristik. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa belum ada sanksi dan perlindungan hukum terkhusus terhadap pelanggan jasa telekomunikasi yang data pribadinya dipergunakan untuk kegiatan periklanan. Dan mengenai perlindungan secara preventif dan represif yang bisa diberikan kepada pelanggan jasa telekomunikasi selaku pemilik data pribadi. Karena pada undang-undang belum secara tegas mencatumkan tentang penggunaan data pribadi pelanggan jasa telekomunikasi. Pada Undang - Undang terkait hanya berisi mengenai penyalahgunaan data pribadi secara umum. Karena pada hakikatnya memang Operator Jasa Telekomunikasi memang mengetahui data pribadi pelanggan yaitu nomor telepon seluler. Tetapi, hal tersebut tidak membenarkan tindakan Operator telekomunikasi seluler untuk menggunakan nomor telepon seluler pelanggan untuk objek iklan melainkan hanya memiliki kewajiban untuk menyimpan saja dan tidak mempergunakan. Karena belum ada hukum positif yang berisi secara spesifik mengenai peraturan penggunaan data pribadi pelanggan oleh operator jasa telekomunikasi yang menyebabkan tidak adanya sanksi untuk meminta pertanggungjawaban secara hukum. Oleh karena itu, terjadi kekosongan hukum pada isu terkait.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522010265
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 May 2023 02:04
Last Modified: 24 May 2023 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200148
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
anintyas kusuma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item