Dewananta, Adrian Anugrah and Dr. Drs. Edy Yulianto,, MP. (2022) Penerapan Digital Marketing Di Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Bengkel Modifikasi Feet Doc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Feet Doc merupakan sebuah bengkel mobil yang berkecimpung dalam ceruk pasar (niche market) bengkel khusus modifikasi yang berspesialisasi pada bidang kaki- kaki (undercarriage). Dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk dapat memasarkan produk dan jasa mereka ke dalam ceruk pasar dengan sekelompok konsumen yang lebih sempit dengan segmentasi yang lebih terkonsentrasi. Feet Doc memilih untuk menggunakan digital marketing dalam melalui media sosial Instagram untuk memasarkan produk jasa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan digital marketing di Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran pada bengkel modifikasi Feet Doc, dan juga memberikan rekomendasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas digital marketing di Instagram sebagai strategi pemasaran pada bengkel modifikasi Feet Doc. Penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer akan didapatkan melalui wawancara dengan lima narasumber, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini akan menggunakan analisis data model interaktif Miles and Huberman, kegiatan dalam analisis data interaktif ini berupa data reduction, data display, dan conclusion drawing verification. Penelitian ini membawakan hasil bahwa Feet Doc menggunakan digital marketing dalam bentuk content marketing pada Instagram mereka untuk memasarkan produk dan jasa mereka serta sekaligus untuk memproyeksikan brand image yang ingin disampaikan oleh Feet Doc. Jasa fotografer dan videografer digunakan dalam pembuatan konten yang akan diunggah untuk content marketing pada akun Instagram mereka. Analisis STP bermanfaat dalam menentukan target marketing yang tepat guna meningkatkan efektifitas pemasaran yang dilakukan dalam ceruk pasar yang sempit.
English Abstract
Feet Doc is a car modification workshop specializing in undercarriage working in a niche market. An effective marketing communication strategy is needed to be able to market their products and services into a niche market with a narrower group of consumers and more concentrated segmentation. Feet Doc chooses to use digital marketing through Instagram to market their products and services. This study aims to analyze the application of digital marketing on Instagram as a marketing communication strategy of Feet Doc, while also providing recommendations that can be made to increase the effectiveness of digital marketing on Instagram as a marketing strategy at the Feet Doc modification workshop. This study will use a descriptive method with a qualitative approach. Primary data will be obtained through interviews with five sources, observation, and documentation. This research will use Miles and Huberman interactive model data analysis, the activities in this interactive data analysis are in the form of data reduction, data display, and conclusion drawing verification. This research shows that Feet Doc uses digital marketing in the form of content marketing on their Instagram to market their products and services as well as to project the brand image that Feet Doc wants to convey to the audience. The services of photographers and videographers are used in the creation of content that will be uploaded for content marketing on Instagram. STP analysis is useful in determining the right marketing targets in order to increase the effectiveness of marketing carried out in a narrow market niche.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030170 |
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Komunikasi Pemasaran, Content Marketing .- Digital Marketing, Marketing Communication, Content Marketing |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 23 May 2023 02:19 |
Last Modified: | 23 May 2023 02:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200048 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADRIAN ANUGRAH DEWANANTA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |