Pandangan Netizen Jepang di Media Sosial Twitter Terkait Idola K-pop yang Memakai Produk pendukung Comfort Women, “Marymond”

Chairunnisa, Seruni Musfira and Esther Risma Purba, S.S., M.Si. (2022) Pandangan Netizen Jepang di Media Sosial Twitter Terkait Idola K-pop yang Memakai Produk pendukung Comfort Women, “Marymond”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

“Marymond” adalah salah satu merek produk lifestyle dari Korea Selatan yang merupakan merek pendukung “comfort women” yang sering dipakai idola K-pop. Hal ini menjadi masalah ketika politisi Jepang, Onodera Masaru, mengunggah kicauan atau tweet di akun media sosial Twitter pribadi miliknya tentang anggota girl band K-pop TWICE, Kim Dahyun, yang memakai produk Marymond. Penelitian ini dilakukan untuk melihat respon dan pandangan netizen Jepang mengenai kasus Kim Dahyun yang memakai produk Marymond. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data diambil dari kumpulan dokumentasi berupa screenshot kicauan netizen Jepang. Hasil dari penelitian ini adalah merek Marymond yang menceritakan isu sejarah yang ingin membuat “comfort women” menjadi simbol peringatan tentang kekejaman Jepang masa lalu. Hal ini membagi pandangan dari netizen Jepang terhadap merek Marymond terbagi menjadi positif dam negatif. Pandangan positif terhadap merefleksikan tujuan dari Marymond mendukung dan menyebarkan isu “comfort women” itu sendiri. Sebaliknya, Mayoritas berpikiran negatif tentang merek Marymond dengan alasan bahwa merek tersebut merupakan merek yang “anti-Jepang”. Hal ini disebabkan oleh politikus sayap kanan Jepang yang ingin menutup masa kolonial Jepang dan juga isu “comfort women”.

Other obstract

韓国のライフスタイル商品ブランドの一つである「メリーモンド」は、K-POPアイドルがよく使う「慰安婦」を支援するブランドである。これは日本の政治家、小野寺まさるが自身のツイッターのSNSに、メリーモンド製品を使っているK-POPガールズグループTWICEのメンバー、キム·ダヒョンに関するツイートを掲載したことで問題となった。この研究の目的は、この事件に関する日本のネットユーザーの反応と見解を見るために行われた。 この研究では、人から書き込まれたり話されたりする単語と観察可能な行動の形で記述データを生成する記述的定性的方法を使用する。このデータ収集技術は、日本のネットユーザーのツイートをスクリーンショット形式で集めた文書から取られた。 この研究の結果は、メリーモンドが「慰安婦」を過去の日本の残虐行為のシンボルとして使い、歴史的問題を伝えるのが目的である。これにより、日本のネットユーザーのメリーモンドというブランドに対する見方は、肯定的なものと否定的なものに分かれている。メリーモンドを肯定的に見ているネットユーザーは、「慰安婦」そのものの問題を支持し、広めている。 一方、メリーモンドのブランドは「反日」という理由で否定的な見方が多い。否定しているネットユーザーは、日本の過去の残虐行為を公開したくない。そして、メリーモンドの意図通りに「慰安婦」問題が解決されることを望んでいない。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120369
Uncontrolled Keywords: marymond, comfort women, netizen Jepang, メリーモンド、慰安婦、日本のネットユーザー
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 May 2023 06:28
Last Modified: 19 May 2023 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199900
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Seruni Musfira Chairunnisa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item