Pergeseran Makna Gairaigo Jenis Makanan dalam Komik Rokuhoudou Yotsuiro Biyori Karya Yuu Shimizu Volume 1-6

Safira, - and Efrizal, M.A. (2021) Pergeseran Makna Gairaigo Jenis Makanan dalam Komik Rokuhoudou Yotsuiro Biyori Karya Yuu Shimizu Volume 1-6. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Bahasa juga mengikuti perkembangan zaman. Pada suatu negara, terdapat kosakata yang diserap kedalam bahasa lain, sering menyebabkan pergeseran makna. Dalam penelitian ini penulis menjawab dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana proses pergeseran makna gairaigo jenis makanan yang muncul dalam komik Rokuhoudou Yotsuiro Biyori karya Yuu Shimizu volume 1-6? (2) Apakah penyebab pergeseran makna gairaigo jenis makanan yang muncul dalam komik Rokuhoudou Yotsuiro Biyori karya Yuu Shimizu volume 1-6? Pada penelitian ini dipilih metode kualitatif deskriptif untuk menjabarkan hasil analisis. Sumber datanya adalah komik Rokuhoudou Yotsuiro Biyori karya Yuu Shimizu Volume 1-6. Analisis yang dilakukan meliputi: Mendefinisikan makna gairaigo, menguraikan pergeseran makna dan sebabnya, dan membuat kesimpulan. Dari sumber data, ditemukan sebanyak 20 gairaigo jenis makanan yang mengalami pergeseran makna, dengan rincian: 3 gairaigo mengalami proses penyingkatan, 10 gairaigo mengalami penyempitan, 6 gairaigo mengalami perluasan, dan 1 gairaigo mengalami pergeseran menyimpang. Sebab pergeseran makna adalah faktor linguistik, historis, sosial, psikologis, pengaruh asing, dan kebutuhan akan makna baru.

Other obstract

言語は、コミュニケーションとメッセージを伝えるために使用されている。言語は時代の流れに沿って進む。ある国において、外国語由来の言葉が、その国の言語として使用されることによって外来語という言葉の種類が誕生した。本研究は次の 2 つの問題を答えようとする。それは、(1)清水ユウ『鹿楓堂よついろ日和』の 1~6巻における食品に外来語の意味はどのように変化したか(2)清水ユウ『鹿楓堂よついろ日和』の 1~6巻において、食品に関わる外来語の意味変化は何によって生じるか。 本研究では、分析の結果を説明するために記述的方法にした。出典データは清水ユウ『鹿楓堂よついろ日和』の 1~6巻である。分析方法は外来語の意味を定義し、外来語の意味変化のプロセスと意味変化の原因の調査結果から導かれる結論を記述する。 清水ユウ『鹿楓堂よついろ日和』の 1~6巻の中には 20 件の食品に関する外来語が見つかった。外来語の内訳は「外来語の略語による意味変化」が3語、「狭い意味変化」が 10 語、「広い意味変化」が6語、「脱線の味変化」が1語である。意味変化の原因は言語学、歴史的背景、社会的、心理的、外因的、技術革新などの副次的要素によって新たな言葉の意味として使われる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120111
Uncontrolled Keywords: Pergeseran makna, gairaigo, komik, rokuhoudou yotsuiro biyori, 意味変化、外来語、漫画、鹿楓堂よついろ日和
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 May 2023 02:45
Last Modified: 19 May 2023 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199884
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Safira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item