Maziyyah, Niswah and Ulfah Sutiyarti, S.Pd., M.Pd. (2022) Pemahaman Siswa Terhadap Sanding Kata Bahasa Jepang Dalam Buku Nihongo Kira Kira 3 Pada Kelas XII Lintas Minat Bahasa Jepang A di SMAN 1 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk untuk dapat mendeksripsikan pemahaman siswa Kelas XII Lintas Minat Bahasa Jepang A terhadap sanding kata yang terdapat pada buku Nihongo Kira Kira 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode campuran kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Tes Kemampuan Pemahaman dengan bentuk soal menjodohkan dan wawancara yang hanya dilakukan hanya pada setiap soal yang dijawab salah oleh siswa. Wawancara ini digunakan agar mengetahui alasan responden menjawab dengan jawaban tersebut. Teori yang digunakan ialah teori oleh Bungin (2010) untuk menghitung persentase pada setiap soal dan persentase yang diperoleh disesuaikan dengan standar nilai kemampuan siswa menurut Nopriyanti (2003) dan Sofyadin (2019). Dari data penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman Siswa Terhadap Sanding Kata Bahasa Jepang dalam Buku Nihongo Kira Kira 3 berada pada kategori “Baik” dengan jumlah persentase terbanyak 84% pada nomor soal 1,2,3,4,6,9, dan 14. Kemudian, pada soal nomor 12 dengan persentase 80%, serta pada nomor 8 dan 13 dengan persentase 77%. Adapun soal yang cukup dikuasai siswa terdapat pada soal nomor 7 dengan persentase 71% , kemudian nomor 10 dan 11 dengan persentase 74%, dan terakhir soal yang kurang dikuasai oleh siswa yaitu soal nomor 5 dengan persentase 58%.
Other obstract
本研究は、『にほんごきらめき3』に収録されている言葉の砂かけについて、日本語Aクロスインタレスト12級学習者の理解を記述することを目的としたものである。使用する調査方法は、定量的・定性混合法(混合法)です。本研究で用いたデータ収集手法は、マッチング問題形式の理解力テストと、生徒が不正解だった問題についてのみ実施するインタビューである。このインタビューは、回答者がなぜそのような回答をしたのか、その理由を探るために行われた。使用した理論は、ブンギン(2010)による理論で、各質問に対する割合を算出し、得られた割合をノプリヤンティ(2003)、ソフヤディン(2019)による学生の能力の標準得点に調整したものである。調査データから、『にほんごキラ☆キラ3』における学習者の日本語「砂かけ」の理解度は、問題番号1、2、3、4、6、9、14で84%と最も高く、「良い」カテゴリーであることがわかりました。そして、12番の80%、8番と13番の77%という割合で、質問をしています。生徒が十分に習得している問題は、問7で71%、次に問10と問11で74%、最後に生徒があまり習得していない問題は問5で58%であった。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120340 |
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Kolokasi, Sanding Kata, Bahasa Jepang, 理解、コロケーション、語句の比較、日本語 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 17 May 2023 01:59 |
Last Modified: | 17 May 2023 01:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199745 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Niswah Maziyyah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |