Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2019 Mengenai Onomatope Gitaigo Jenis Giyougo

Sidiq, Muhamad Andika and Rike Febriyanti, S.Pd., M.A. (2022) Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2019 Mengenai Onomatope Gitaigo Jenis Giyougo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang mengenai penggunaan onomatope gitaigo dalam konteks kalimat serta makna dari onomatope tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi onomatope menurut Kindaichi Haruhiko yang membagi onomatope menjadi 2, yaitu giongo (giongo dan giseigo), dan gitaigo (giyougo dan gijougo) dan yang difokuskan pada penelitian ini adalah onomatope gitaigo jenis giyougo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan campuran deskriptif yang menggunakan tes, dan wawancara. Analisis dilakukan dengan cara membuat tabel temuan dari hasil jawaban responden, kemudian mendeskripsikan data temuan dari tiap responden berdasarkan soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum responden masih “Kurang mampu” dalam memahami onomatope gitaigo bahasa Jepang. Dari total seluruh instrumen yang diberikan, sebanyak 59 dari 110 soal dijawab benar oleh responden. Namun jika dilihat secara detail, terdapat beberapa responden yang hampir mampu menjawab seluruh instrumen dengan benar.

Other obstract

本研究の目的は、日本語教育の学習者が、文章の中でオノマトペ擬態語を どのように使い、その意味を理解しているのかを知りたかったのです。本 研究で用いた理論は、金田一春彦によるオノマトペの分類で、オノマトペ を2 つのタイプに分類しているものです。それは、擬音語(擬音語、擬 声語)、擬態語(擬容語、擬情語)であり、本研究では擬容語タイプの擬 態語オノマトペに焦点をあてます。本研究では、記述的なデータ提示を伴 うMixed Methods 法を用いている。全般的にみると、結果としてブラウィ ジャヤ大学2019年度の日本語教育学科の学生はオノマトペ擬態語の理 解力があまりできません。全質問のうち、回答者が正しく回答できたのは、 110 問中で59 問であった。しかし、詳細にみると、ほぼ全問を正解して いる回答者が何人もいます。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120320
Uncontrolled Keywords: onomatope, pemahaman mahasiswa, makna., オノマトペ、大学の理解力、意味
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 May 2023 02:09
Last Modified: 16 May 2023 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199628
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Andika Sidiq.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item