Analisis Business Plan Unit Usaha Peternakan sebagai Implementasi Kewirausahaan di Pondok Pesantren Manajer Tholabie

Auliati, Lensa and Ir. Rizki Prafitri, S.Pt., M.A., Ph.D. (2023) Analisis Business Plan Unit Usaha Peternakan sebagai Implementasi Kewirausahaan di Pondok Pesantren Manajer Tholabie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya usaha peternakan di Indonesia saat ini sejalan dengan tingginya tingkat persaingan yang menyebabkan para pelaku usaha harus mampu bertahan dan bersaing. Faktor yang mampu mempengaruhi jalannya suatu usaha berasal dari sumber daya yang dimiliki serta pemanfaatan peluang teknologi yang kurang optimal. Pondok Pesantren Manajer Tholabie merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan ilmu keagamaan berbekal pendidikan kewirausahaan. Pondok pesantren memiliki berbagai unit usaha baik di bidang peternakan, pertanian maupun perikanan. Adapun unit usaha yang bergerak dibidang peternakan meliputi peternakan ayam kampung petelur, RPA (Rumah Potong Ayam), peternakan burung puyuh dan peternakan kambing domba. Perencanaan yang matang dari hulu ke hilir dibutuhkan oleh setiap unit usaha guna menghadapi persaingan kompetitor serta menghindari adanya faktor yang menjadi penghambat jalannya usaha. Business plan mampu menjawab permasalahan yang sering terjadi di satu tempat dengan berbagai unit usaha. Tujuan dilakukannya penelitian guna menganalisis business plan yang telah diimplementasikan pondok pesantren terkait kondisi ekonomi berdasarkan keuntungan yang diperoleh setiap unit usaha, menganalisis faktor internal maupun eksternal yang paling berpengaruh terhadap jalannya proses produksi serta pemasaran dan menganalisis strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan setiap unit usaha peternakan di Pondok Pesantren Manajer Tholabie. Adapun manfaat yang diharapkan berdasarkan penelitian ini yaitu mampu menjadi bahan evaluasi, informasi dan pertimbangan pondok pesantren dalam menjalankan usaha serta sebagai referensi untuk penelitian sejenis selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penggunaan data dikategorikan menjadi data primer dan sekunder. Data diperoleh dari hasil survei, observasi dan dokumentasi kepada responden yang mewakili. Penentuan responden berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua unit usaha mampu untuk dikembangkan dan berjalan secara efektif & efisien. Keuntungan tertinggi dihasilkan oleh unit usaha peternakan burung puyuh senilai Rp 160.128.459/periode pemeliharaan (18 bulan), selanjutnya unit usaha peternakan ayam kampung petelur mampu menghasilkan keuntungan senilai Rp 32.720.735/periode pemeliharaan (2 tahun), unit usaha peternakan kambing domba mampu menghasilkan keuntungan senilai Rp 1.885.336/periode pemeliharaan (1 tahun) dan unit usaha RPA (Rumah Potong Ayam) mampu menghasilkan keuntungan senilai Rp 2.096.870/periode produksi (2 tahun). Berdasarkan hasil analisis diperoleh faktor internal yang paling berpengaruh terhadap unit usaha peternakan ayam kampung petelur berasal dari tingginya jumlah produksi telur dan didukung adanya potensi pasar dari eksternal. Unit usaha RPA (Rumah Potong Ayam) memiliki faktor internal yang paling berpengaruh yaitu ketersediaan akan alat produksi namun jumlah populasi ternak tidak memenuhi adanya proses produksi sehingga peluang potensi pasar tidak terlalu berpengaruh secara signifikan. Faktor internal yang paling berpengaruh terhadap unit usaha burung puyuh terdapat pada kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan serta dukungan teknis dan anggaran dari pihak eksternal. Unit usaha peternakan kambing domba memiliki faktor internal yang paling berpengaruh yaitu kualitas bibit ternak serta adanya peluang dari faktor eksternal akan potensi pasar ternak penghasil daging yang cukup tinggi. Keuntungan maupun faktor internal dan eksternal mampu mempengaruhi posisi setiap unit usaha sehingga strategi pengembangan yang dapat diterapkan tidak semua sama. Strategi pengembangan bisnis yang cocok untuk unit usaha peternakan ayam kampung petelur adalah intensif atau integratif dengan alternatif strategi S-O (Strenghts-Opportunities), strategi unit usaha RPA (Rumah Potong Ayam) adalah divestasi dengan alternatif strategi W-O (Weakness-Opportunities), strategi unit usaha peternakan burung puyuh adalah intensif atau integratif dengan alternatif strategi S-O (Strenghts-Opportunities) dan strategi unit usaha peternakan kambing domba adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan produk dan pasar dengan alternatif strategi W- O (Weakness-Opportunities).

English Abstract

Pondok Pesantren Manajer Tholabie is one of the educational institutions that not only provides religious knowledge but also entrepreneurship education through various types of business units. The purpose of this study is to analyze the realization of the business plan of each business unit so that financial conditions, internal and external factors and business development strategies that can be applied by each business unit are obtained. The research method used is descriptive analysis with a quantitative approach. Data obtained from the results of surveys, interviews and documentation. The results showed that the highest profit was obtained from the quail business unit worth Rp. 160,128,459 / maintenance period and the lowest profit occurred in the RPA business unit worth Rp. 2,096,870 / production period. The internal factors that most influence the livestock business unit come from production results, livestock population, availability of production equipment, product quality & quantity and seed quality while the most influential external factors are found in the existence of market potential,iv technical support and budget support. Based on this, the strategy that can be applied by the chicken farming business unit is an intensive & integrative strategy with an alternative S-O strategy, the RPA business unit is a divestment strategy with an alternative W-O strategy, the quail farming business unit is an intensive & integrative strategy with an alternative S-O strategy and sheep goat farming with a market penetration strategy, product and market development with an alternative W-O strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523050079
Uncontrolled Keywords: Rencana bisnis, usaha peternakan, produksi, pemasaran .- Business plan, livestock business, production, marketing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 May 2023 07:14
Last Modified: 15 May 2023 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199582
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lensa Auliati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item