Menggali Persepsi Guru Terhadap TIK dan Tantangan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Islam.

Kristiadi, Pangrib Astrada and Dr. Sugeng Susilo Adi, M.Hum (2022) Menggali Persepsi Guru Terhadap TIK dan Tantangan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Islam. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setelah pandemic Covid-19 diumumkan, banyak bidang yang terkena perubahan, termasuk pendidikan. Pendidikan di seluruh dunia mengalami perubahan, dari yang sebelumnya kegiatan pembelajaran di dalam ruang kelas menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Karena efek pembelajaran jarak jauh, penggunaan teknologi pun semakin terlihat menonjol. Teknologi ini digunakan untuk menunjang pembelajaran. Salah satu pengguna teknologi di sekolah adalah guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru di SD Bahrul Maghfiroh terhadap penggunaan teknologi (ICT) dan tantangan dalam pengimplementasiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan kuisioner dan wawancara sebagai instrumennya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para guru di SD Bahrul Maghfiroh memiliki persepsi positif terhadap penggunaan ICT. Meskipun begitu, tetap ada tantangan dalam penggunaannya. Tantangan tersebut adalah (1) rendahnya bandwith internet, (2) pemberian materi pembelajaran yang terbatas karena waktu dan akses gawai, dan (3) pengumpulan tugas murid yang terlambat. Adapun strategi yang diterapkan oleh para guru untuk menanggulangi masalah tersebut adalah (1) Penjadwalan akses internet untuk setiap kelas, (2) Pengiriman materi melalui aplikasi Whatsapp dan kolaborasi dengan orang tua untuk memberikan materi tersebut kepada murid, dan (3) pemberian tenggat waktu pengumpulan tugas dan mengingatkan murid untuk mengumpulkan berdasarkan daftar murid.

English Abstract

After the Covid-19 pandemic was announced, many fields including education, were affected by changes. Education around the world has changed from classroom learning to distance or online learning. Due to the effects of distance learning, the use of technology has become more prominent. This technology is used to support learning. One of the technology users in schools is teachers. This study aims to explore the perceptions of teachers at SD Bahrul Maghfiroh towards the use of technology (ICT) and the challenges in its implementation. This study used a descriptive quantitative approach and used questionnaires and interviews as its instruments. The results of this study show that teachers at SD Bahrul Maghfiroh have a positive perception towards the use of ICT. Even so, there are still challenges in its use. These challenges are (1) low internet bandwidth, (2) limited provision of learning materials due to time and access to devices, and (3) late collection of student assignments. The strategies implemented by teachers to overcome these problems are (1) scheduling internet access for each class, (2) sending materials through the Whatsapp application and collaborating with parents to provide these materials to students, and (3) giving deadlines for collecting assignments and reminding students to collect based on student lists.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422120034
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Tantangan, ICT, Teachers’ Perception, Challenges, ICT
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 May 2023 02:47
Last Modified: 15 May 2023 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199525
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
KRISTIADI PANGRIB ASTRADA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item