Gambaran Tingkat Kecemasan, Pengetahuan dan Kepuasan Pelayanan Pasien Pengguna Ortodonti Cekat Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Faktor Sosiodemografi

Praharsini, Annisa Olga and drg. Endah Damaryanti,, Sp.Ort. (2022) Gambaran Tingkat Kecemasan, Pengetahuan dan Kepuasan Pelayanan Pasien Pengguna Ortodonti Cekat Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Faktor Sosiodemografi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Covid-19 menular melalui aerosol atau droplet orang yang terinfeksi, terlebih lagi pada perawatan gigi yang menghasilkan aerosol dalam pelaksanaannya. Pencegahan penyebaran Covid-19 di klinik gigi bisa dilakukan dengan upaya pencegahan diri yang terbentuk dari pengetahuan yang baik. Pasien juga cenderung merasa cemas karena berbagai resiko infeksi di klinik gigi, sehingga dibutuhkan suatu prosedur pencegahan. Kualitas layanan yang diberikan harus diukur melalui tingkat kepuasan pasien. Pengetahuan, kecemasan dan kepuasan pasien menjadi faktor yang saling berhubungan sebagai pertimbangan pasien untuk melakukan kontrol rutin saat pandemi. Tujuan: Mengetahui deskripsi dan menganalisis tingkat kecemasan, pengetahuan dan kepuasan pasien pengguna ortodonti cekat selama pandemi Covid-19. Metode: Penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional. 153 sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji univariat dan bivariat komparatif menggunakan Mann-Whitney atau Kruskal-Wallis serta Chi-Square. Hasil: Uji Chi-Square menunjukkan nilai p= 0,819 atau tidak terdapat perbedaan berarti terkait perasaan terhadap pandemi berdasarkan kesediaan menghadiri janji temu. Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan tidak terdapat perbedaan berarti terkait kecemasan terhadap pandemi dengan nilai p= 0,359, dan kecemasan terhadap dampak pandemi bagi perawatan ortodonti dengan nilai p= 0,413, ditinjau dari kesediaan menghadiri janji temu. 90,2% pasien memiliki pengetahuan baik dan 97,4% pasien merasa puas dengan pelayanan klinik gigi selama pandemi. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan bermakna tingkat kecemasan ditinjau dari kesediaan mengunjungi klinik gigi selama pandemi. Semakin dewasa usia pasien, semakin baik tingkat pengetahuannya, dan tidak terdapat perbedaan pengetahuan jika ditinjau dari jenis kelamin dan tempat tinggal. Pasien merasa puas atas pelayanan klinik gigi selama pandemi

English Abstract

Background: Covid-19 is transmitted through aerosols of infected people, especially in dental treatments that produce high aerosols. Covid-19 transmission can be prevented with self-prevention that formed from good knowledge. Patients also feel anxious because many infection risks in dental clinics, so preventive procedures are needed. The services quality measured through patient satisfaction. Knowledge, anxiety and patient satisfaction are interconnected factors as a consideration for patients to attend routine control during a pandemic. Objective: Analyze the level of anxiety, knowledge and satisfaction of fixed orthodontics patients during Covid-19. Method: Descriptive research with cross sectional design. 153 samples selected by purposive sampling. Data were collected using questionnaires and analyzed with univariate and comparative assays using Mann- Whitney or Kruskal-Wallis and Chi-Square. Results: The Chi-Square test shows p value= 0.819 or there is no significant difference regarding feelings towards pandemic based on willingness to attend appointments. The Kruskal-Wallis test showed there is no significant difference regarding anxiety about the pandemic with a p value= 0.359, and anxiety about the impact of the pandemic on orthodontic treatment with a p value= 0.413, based on willingness to attend appointments. 90.2% of patients have good knowledge and 97.4% of patients are satisfied with dental clinic services during pandemic. Conclusion: There was no significant difference of anxiety levels in terms of willingness to visit dental clinics during the pandemic. The more mature the patient's age, the better knowledge, and there is no difference knowledge by gender and residence. Patients are satisfied with dental clinics services during the pandemic

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522140015
Uncontrolled Keywords: Covid-19, kecemasan, pengetahuan, kepuasan, usia, jenis kelamin, tempat tinggal, Covid-19, anxiety, knowledge, satisfaction, age, gender, place of residence
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.06 Nonsurgical therapy
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 May 2023 06:24
Last Modified: 11 May 2023 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199388
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Olga Praharsini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item