Korelasi Antara Minat Mahasiswa Penggemar Game Jepang Dengan Prestasi Belajar Bahasa Jepang Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya

Naffa’, Elmas Berlinty and Febi Ariani Saragih, S. Pd., M. Pd (2020) Korelasi Antara Minat Mahasiswa Penggemar Game Jepang Dengan Prestasi Belajar Bahasa Jepang Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Game is fun! Game online berguna untuk refreshing atau menghilangkan rasa jenuh bagi pemain dari kegiatan sehari-hari. Hal ini membuat banyak sekali yang gemar bermain game baik itu anak-anak, kaum muda maupun orangtua. Seperti di Universitas Brawijaya terdapat beberapa mahasiswa yang suka bermain game online ketika waktu senggang atau ketika jam perkuliahan selesai. Beberapa dari mahasiswa tersebut mengatakan bahwa game online merupakan media belajar bahasa Jepang yang menyenangkan diluar jam perkuliahan. Dengan kecanggihan teknologi modern saat ini banyak game online yang tidak hanya menggunakan 1 bahasa saja (Bahasa Indonesia) tetapi berbagai bahasa dapat diterapkan pada game tersebut, seperti menerapkan bahasa jepang dalam game. Beberapa contoh game online yang dapat menerapkan beberapa Bahasa seperti Bahasa Jepang yaitu seperti pada game Evolution Japan Doll of Grudge, Potion Maker, Japan Food Chain, Mandora, Neko atsume, genshin impact dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan rancangan penelitian korelasional. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam menganalisis data angket peneliti menggunakan rumus Sudjana (2006: 138). Sedangkan untuk menganalisis data dokumentasi peneliti menghitung rata-rata nilai akhir mata kuliah Bahasa Jepang seperti Bunpou, Moji, Choukai, Kaiwa dan Dokkai/Sakubun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari perhitungan menggunakan uji korelasi product moment mendapat nilai sig. sebesar 0.048 < 0.05 dengan derajat korelasi sebesar 0.408 (rhitung) > 0.404 (rtabel). Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa minat mahasiswa terhadap game Jepang dengan prestasi belajar Bahasa Jepang berkorelasi, dengan derajat korelasi yaitu cukup.

Other obstract

ゲームは楽しいです!オンラインゲームは、プレイヤーの日常生活か らの退屈さをリフレッシュまたは解消するのに役立ちます。これにより、子 供、ティーンエイジャー、大人など、多くの人がゲームをするのが好きにな りました。ブラウィジャヤ大学でのように、暇なときや授業が終わったとき にオンラインゲームをするのが好きな学生もいます。これらの数人かの学生 は、「オンラインゲームは授業時間外に楽しい日本語学習メディア」と言い ました。今日の現代技術の高度化により、多くのオンラインゲームは1つの言 語を使用するだけでなく、ゲームに日本語を適用するなど、さまざまな言語 をこれらのゲームに適用できます。エボリューションジャパンドールオブグ ラッジゲーム、ポーションメーカー、ジャパンフードチェーン、マンドラ、 ネコアツメ、ゲンシンインパクトなど、日本語を応用しているオンラインゲ ームです。 本研究は、相関研究デザインを用いた記述的定量的方法を使用してい ます。研究データは、アンケートと文書化により、収集されました。アンケ ートデータの分析では、研究者は Sudjana の式を使用しました(2006: 138)。一方、ドキュメンテーションデータを分析するために、研究者は文法 、文字、聴解、会話、読解・作文などの日本語コースの平均最終成績を計算 しました。 研究の結果は、積モーメント相関テストを使用した計算の結果が、0.4 08(rcount)> 0.404(rtabel)の相関度で 0.048 <0.05 の有意値を取得したことを示しました。これらのデータから、日本の学習成 果とオンラインゲームへの学生の関心は、十分な相関度で相関していると言 えます。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120177
Uncontrolled Keywords: inat, Penggemar Game Jepang, Prestasi Belajar, 関心、日本のゲームファン、学習成果
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 May 2023 01:29
Last Modified: 23 Sep 2024 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199165
[thumbnail of fix-Elmas Berlinty Naffa.pdf] Text
fix-Elmas Berlinty Naffa.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item