Analisis Keterkaitan Praktik Jual Rugi Dengan Pemberian Promo Terhadap Tarif Oleh Perusahaan Penyedia Transportasi Online Roda Dua.

Putra, Febrian Cahya and Dr. Budi Santoso,, SH., LL.M. and Shanti Riskawati,, S.H., M.Kn. (2021) Analisis Keterkaitan Praktik Jual Rugi Dengan Pemberian Promo Terhadap Tarif Oleh Perusahaan Penyedia Transportasi Online Roda Dua. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembatasan promo terhadap tarif yang diberikan oleh perusahaan penyedia transportasi online roda dua. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi karena adanya potensi praktik jual rugi yang ditimbulkan dari adanya pemberian promo terhadap tarif oleh perusahaan penyedia transportasi online roda dua. Vacuum of law pada pembatasan promo itulah yang dapat mengindikasikan adanya persaingan usaha tidak sehat dalam wujud jual rugi. Berakar pada permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan sebuah rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apa batasan pemberian promo terhadap konsumen oleh perusahaan penyedia transportasi online roda dua yang tidak menyalahi aturan jual rugi?; 2) Bagaimana akibat hukum jual rugi pada pemberian promo oleh perusahaan transportasi online roda dua? Pendekatan yang digunakan untuk menganalisa masalah yang ada yakni dengan menggunakan pendekatan undang-undang; pendekatan komparatif ; dan pendekatan konseptual. Teknik analisis yang dilakukan secara kualitatif dengan mengumpulkan bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Kemudian hasil penelitian dijabarkan secara dekriptif agar dapat menjawab rumusan masalah secara jelas dan sistematis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisa oleh penulis, penulis memberikan jawaban bahwa dalam pemberian promo terhadap tarif oleh perusahaan penyedia transportasi online roda dua dapat mengindikasikan adanya praktik jual rugi yang merupakan pelanggaran terhadap pasal 20 Undang-Undang Persaingan Usaha. Begitu pun dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12 Tahun 2019 tentang “Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 348 Tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan Dengan Aplikasi” hanya mengatur mengenai perhitungan biaya jasa, tidak ada pengaturan pembatasan promo seperti halnya jika dibandingkan yang ada dalam aturan tranportasi online roda empat yang terwujud dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 118 Tahun 2018 tentang “Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus”.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010135
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 May 2023 07:45
Last Modified: 05 May 2023 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198786
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Febrian Cahya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item