Pengaruh Pemberian Stromal Vascular Fraction Terhadap Peningkatan Kadar Aggrecan Dan Col2a1 Pada Cedera Lempeng Pertumbuhan Tikus Rattus Novergicus

Jaya, Aryc Oktarian and Dr. dr. Panji Sananta,, M.Ked., Sp.OT (2022) Pengaruh Pemberian Stromal Vascular Fraction Terhadap Peningkatan Kadar Aggrecan Dan Col2a1 Pada Cedera Lempeng Pertumbuhan Tikus Rattus Novergicus. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cedera lempeng pertumbuhan dapat menyebabkan bagian dari lempeng pertumbuhan mengalami fusi prematur atau pertumbuhan asimetris pada ujung tulangnya. Komplikasi ini disebabkan oleh keterlibatan aktif pembentukan tulang dan remodeling pada cedera lempeng pertumbuhan yang mengarah pada pembentukan jaringan tulang yang tidak diinginkan atau disebut juga bony bridge. Penelitian ini melakukan pemberian SVF pada lempeng pertumbuhan tikus Rattus norvegicus yang sudah dicederai. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian SVF dalam menghambat pembentukan bony bridge. Pada penelitian ini dilakukan analisis deskriptif terhadap kadar Aggrecan dan COL2A1 pada kelompok kontrol negatif, kontrol positif dan kelompok perlakuan untuk mengetahui gambaran umum tentang data hasil penelitian. Didapatkan nilai kadar rata-rata konsentrasi Aggrecan kelompok perlakuan lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol positif. Dan nilai COL2A1 pada kelompok perlakuan juga lebih besar apabila dibandingkan dengan kelompok kontrol positif. Kandungan AD-MSC, growth factor dan T-reg pada SVF akan meningkatkan proliferasi dan differensiasi chondrogenesis. Peningkatan diferensiasi chondrogenesis akan meningkatkan kadar Aggrecan dan COL2A1 sebagai komponen – komponen pendukung chondrogenesis. Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya pembentukan bony bridge pada lempeng pertumbuhan tulang.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422060147
Uncontrolled Keywords: Stromal Vascular Fraction; Bony bridge; COL2A1; Aggrecan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.7 Diseases of musculoskeletal system
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 May 2023 03:39
Last Modified: 04 May 2023 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198597
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
aryc jaya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item