Strategi Peningkatan Pelayanan Melalui Penerapan E-Government (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri)

Safitri, Nurhidayati Indah and Dr. Mohammad Nuh, S.IP., M.Si and Rendra Eko Wismanu, S.AP, M.AP (2022) Strategi Peningkatan Pelayanan Melalui Penerapan E-Government (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan pelayanaan publik perlu beradaptasi dengan seiring berkembangan zaman. Tidak semata-mata untuk mengikuti trend, melainkan untuk terus berupaya melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Tuntutan akan pelayanan publik yang prima meningkat seiring berubahnya pola hidup masyarakat yang lebih modern. Hal inilah yang mendorong untuk menarik masuk perkembangan teknologi kedalam bidang pelayanan publik. sebagaimana yang dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri. Untuk dapat melihat bagaimana pelayanan publik beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan mengenai strategi peningkatan kualitas pelayanan, dan penerapan E- Government beserta faktor- faktor yang mempengaruhi penerapannya di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatakan kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang terdapat dalam rumusan masalah penelitian yang meliputi: (1) Strategi apakah yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kediri dalam meningkatkan pelayanan melalui penerapan E-Government?, (2) Bagaimanakah penerapan E-Government dalam pelayanan di Kantor Imigrasi Kediri?, (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan E-Government di Kantor Imigrasi Kediri?. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh jawaban. Bahwa strategi peningkatan pelayanan di Kantor Imigrasi Kediri mencakup inovasi, peningkatan pelayanan, dan kerjasama. Sedangkan dalam penerapan E-Government, terbagi menjadi tiga kategori pelayanan yakni publikasi, interaksi, dan transaksi. Dalam penerapan E-Government di Kantor Imigrasi Kediri, di pengaruhi oleh dua faktor yang menjadi pendukung dan penghambat. Faktor-Faktor yang mempengaruhi penerapan E-Government diantaranya adalah adanya kemudahan dan kecepatan akses internet yang terus berkembang, sumber daya manusia yang memahami penggunaan teknologi informasi, dan dukungan kerjasama dalam pemenuhan sumber daya listrik. Sedangkan untuk faktor penghambatnya berupa masih di perlukannya berkas persyaratan dalam bentuk kertas, gangguan server down, dan belum dapat di lakukan layanan informasi selama 24 jam. Berdasarkan hasil temuan yang peneliti peroleh, dapat di simpulkan bahwa strategi peningkatan pelayanan di Kantor Imigrasi Kediri di dukung penuh oleh perangkat elektronik. Sehingga dalam pelaksanaannya sistem pelayanan dapat berjalan secara digital.

English Abstract

The implementation of public services needs to adapt to the times. Not merely to follow trends, but to continue to make changes for the better. The demand for excellent public services is increasing along with the changing lifestyle of a more modern society. This is what pushes to attract technological developments into the field of public services. as implemented at the Immigration Office Class II Non TPI Kediri. To be able to see how public services adapt to the development of digital technology. This study aims to determine, analyze and describe the strategy for improving service quality, and the implementation of E-Government and the factors that influence its implementation in the Class II Immigration Office of Non TPI Kediri. This study uses descriptive research methods with a qualitative approach to describe the phenomena contained in the formulation of research problems which include: (1) What strategies are carried out by the Kediri Immigration Office in improving services through the application of E-Government?, (2) How is the implementation of E-Government in services at the Kediri Immigration Office?, (3) What factors influence the implementation of E-Government at the Kediri Immigration Office?. Based on the results of research conducted, researchers obtained answers. That the service improvement strategy at the Kediri Immigration Office includes innovation, service improvement, and cooperation. Meanwhile, in the application of E-Government, it is divided into three service categories, namely publications, interactions, and transactions. In the implementation of E-Government at the Kediri Immigration Office, it is influenced by two factors that are supporting and inhibiting. Factors that influence the implementation of E-Government include the ease and speed of internet access that continues to grow, human resources who understand the use of information technology, and support for cooperation in the fulfillment of electrical resources. As for the inhibiting factors in the form of still needing a paper requirement file, server downtime disturbances, and information services cannot be carried out for 24 hours. Based on the findings that the researchers obtained, it can be concluded that the service improvement strategy at the Kediri Immigration Office is fully supported by electronic devices. So that in its implementation the service system can run digitally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030161
Uncontrolled Keywords: pelayanan, E-Government, teknologi, service, E-Government, technology
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Apr 2023 01:54
Last Modified: 18 Apr 2023 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198381
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurhidayati Indah Safitri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item