Strategi Dinas Pendidikan Dalam Mendukung Kebijakan BDR (Belajar Dari Rumah) Selama Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi 2021).

Harsono, Chellsy Alifiannisa and Dr. Hermawan, S.IP.M.SI and Rispa Ngindana, S.AP.M.AP. (2021) Strategi Dinas Pendidikan Dalam Mendukung Kebijakan BDR (Belajar Dari Rumah) Selama Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi 2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan untuk menangani kondisi darurat COVID-19 dengan melarang seluruh jenjang pendidikan mulai dari jenjang prasekolah hingga pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka (konvensional). Sebagai gantinya Kemendikbud memerintahkan untuk menyelenggarakan Belajar Dari Rumah yang sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang diedarkan pada 24 Maret 2020. Penerapan Belajar Dari Rumah tidak terlepas dari hambatan untuk itu diperlukan pengawasan dan strategi dari Dinas Pendidikan terhadap sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan dan mengalisis strategi Dinas Pendidikan dalam mendukung kebijakan belajar dari rumah yang dicanangkan oleh kemendikbud, (2) Mendeskripsikan dan mengalisis faktor yang mempengaruhi strategi Dinas Pendidikan Kota Bekasi dalam mendukung kebijakan Belajar Dari Rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis EFAS IFAS, dan analisis SWOT. Kesimpulan penelitian ini Dinas Pendidikan Kota Bekasi menjalankan kebijakan Belajar Dari Rumah secara top-down dengan melaksanakan monitoring sekolah, evaluasi bulanan dan pelatihan peningkatan kompetensi guru yang bekerjasama dengan LPM dan P4TK. Dengan ini, Dinas Pendidikan telah melakukan proses manajemen strategik. Fakto pendukung BDR adalah program-program yang dibuat oleh KEMENDIKBUD seperti pembagian kuota gratis. Faktor penghambat yang ditemukan adalah kemampuan finansial siswa yang berbeda, karakteristik sekolah yang berbeda serta respon orang tua dan siswa dalam menyikapi pembelajaran.

English Abstract

The Ministry of Education and Culture has made a policy to deal with the COVID-19 emergency by prohibiting all levels of education from preschool to higher education, both public and private, to carry out face-to-face (conventional) lectures. Instead, the Ministry of Education and Culture ordered to organize Learning From Home in accordance with the Circular Letter of the Ministry of Education and Culture Number 4 of 2020 concerning the Implementation of Education Policies in the Emergency Period of Corona Virus Disease (COVID-19) which was circulated on March 24, 2020. The application of Learning From Home cannot be separated from obstacles, so it requires supervision and strategies from the Education Office towards schools. The objectives of this study are: (1) To describe and analyze the strategy of the Education Office in supporting the learning from home policy launched by the Ministry of Education and Culture, (2) To describe and analyze the factors that influence the strategy of Bekasi City Education Office in supporting the Learning From Home policy. The type of method used is descriptive research with qualitative approach. The data analysis used is descriptive analysis, EFAS IFAS analysis, and SWOT analysis. The conclusion of this study is that the Education Office implements a top-down Learning From Home policy by carrying out school monitoring, monthly evaluations and training to increase teacher competence in collaboration with LPMP and P4TK. With this, the Education Office has carried out a strategic management proses. The supporting factors for BDR are programs made by the Ministry of Education and Culture, such as the distribution of free quotas. The inhibiting factors found were the different financial abilities of students, different school characteristics and the response of parents and students in responding to learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030148
Uncontrolled Keywords: Strategi, Belajar Dari Rumah, Dinas Pendidikan, Strategy, Learning From Home, Education Office
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:18
Last Modified: 14 Apr 2023 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198316
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Chellsy Alifiannisa Harsono.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item