Implementasi kebijakan program pengendalian penyakit tidak menular (Studi Pada Dinas Kesehatan, Kabupaten Sukoharjo).

Rezalaji, Burhan Aprizki and Dr. Dra. Siti Rochmah, M.Si. and Drs. Abdul Wachid, M.AP. (2021) Implementasi kebijakan program pengendalian penyakit tidak menular (Studi Pada Dinas Kesehatan, Kabupaten Sukoharjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Pengendalian Penyakit Tidak Menular merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) yaitu kegiatan yang melibatkan elemen masyarakat yang penduli dan sadar terhadap ancaman penyakit tidak menular. Posbindu PTM diikuti oleh masyarakat dengan usia mulai dari 15-64 tahun. Program ini memiliki tujuan untuk pencegahan dan penemuan dini faktor resiko penyakit tidak menular agar nantinya mendapatkan penanganan yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan program pengendalian penyakit tidak menular di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode model interaktif. Lokasi dari penelitian ini adalah wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah sedangkan situs penelitian bertempat di Dinas Kesehatan, Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik penjelasan model interaktif menurut Miles dan Huberman (2014). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program pengendalian penyakit tidak menular di Kabupaten Sukoharjo secara umum sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan informasi yang disampaikan sudah jelas dan konsisten dengan perintah kepada para pelaksana. Sumber daya manusia yang bertugas sudah memiliki kapabilitas dan kompetensi yang sesuai. Dukungan sepenuhnya terhadap kelancaran dan keberhasilan program ini. Para petugas yang sudah berusaha untuk bertanggungjawab dengan tugasnya sesuai dengan standar prosedur yang sudah ditetapkan. Namun ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan program ini meliputi kurangnya jumlah sumber daya manusia dan penyedian fasilitas sarana dan prasarana. Sistem trobosan melalui jejaring yang belum berjalan maksimal. Perlu ditingkatkan jumlah sumber daya manusia dan penyedian fasilitas sarana dan prasarana.

English Abstract

The Non-Communicable Disease Control Program is an effort to improve health development through the Posbindu PTM (Integrated Non-Communicable Disease Development Post), which is an activity that involves elements of the community who care and are aware of the threat of non-communicable diseases. Posbindu PTM is attended by people with ages ranging from 15-64 years. This program has the aim of preventing and early discovery of risk factors for non-communicable diseases,so they will get appropriate treatment latter. The purpose of this study is describe and analyze the implementation of policies on non-communicable disease control programs at the Sukoharjo District Health Office. This study used qualitative research with an interactive model method. The location of this study at Central Java, while the research site is located at Health Office, Sukoharjo Regency. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. Interactive Model from Miles and Huberman (2014) was conducted for analyzing the data. The results of this study indicate that the implementation of the non-communicable disease control program in Sukoharjo Regency has generally been going well. This is evidenced by the information conveyed that is clear and consistent with the instructions to the implementers. The human resources on duty already have the appropriate capabilities and competencies. Full support for the smooth running and success of this program. Officers who have tried to be responsible for their duties in accordance with established standard procedures. However, several obstacles are found in the implementation of this program including the lack of human resources and the provision of facilities and infrastructure. Breakthrough system through network that has not run optimally. It is necessary to increase the number of human resources and the provision of facilities and infrastructure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030389
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program, Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Program Implementation, Control of Non-Communicable Diseases
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:52
Last Modified: 14 Apr 2023 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198310
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BURHAN ARPRIZKI R.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item