Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Mobilitas, Dan Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan BCA Mobile Banking. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Alfareza, - and Agung Nugroho Luthfi Imam F,, SAB.,M.Bus Sys.Pro, Ph.D (2021) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Mobilitas, Dan Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan BCA Mobile Banking. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi berkembang secara pesat di era globalisasi ini. Secara spesifik, sistem informasi berbasis teknologi semakin maju dan modern. Salah satunya contoh kemajuan teknologi adalah BCA mobile banking. BCA mobile banking merupakan suatu aplikasi yang mendukung nasabah dalam melakukan kegiatan transaksi perbankan melalui smartphone. Dengan adanya mobile banking ini banyak memberikan manfaat dan kemudahan bagi nasabah. Pandemi Covid-19 memicu masyarakat untuk lebih banyak melakukan transaksi secara digital, kondisi tersebut terlihat dari data pencatatan pada Bank BCA yang menunjukkan pertumbuhan volume transaksi digital pada tiga tahun terakhir. Pada penelitian ini model yang digunakan yaitu Technology Acceptance Model (TAM) yaitu variabel kemudahan (perceived ease of use) dan variabel manfaat (perceived usefulness), kemudian dalam penelitian ini ditambahkan dua variabel yaitu variabel mobilitas (mobility) dan variabel kepercayaan (trust). Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu mengetahui, dan menjelaskan pengaruh persepsi kemudahan, manfaat, mobilitas, dan kepercayaan terhadap niat menggunakan BCA mobile banking. Explanatory research (penelitian penjelasan) merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian, dan dengan pendekatan kuantitatif. Explanatory Research (penelitian penjelasan) merupakan penelitian dengan tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat dari variabel-variabel yang diteliti yaitu Persepsi Kemudahan (X1), Persepsi Manfaat (X2), Persepsi Mobilitas (X3), Persepsi Kepercayaan (X4), dan Niat Menggunakan (Y) dengan pengujian hipotesa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Persepsi Kemudahan (X1), Persepsi Manfaat (X2), Persepsi Mobilitas (X3), Persepsi Kepercayaan (X4) berpengaruh terhadap variabel Niat Menggunakan (Y). dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,086 pada Persepsi Kemudahan (X1), 0,104 pada Persepsi Manfaat, 0,130 pada Persepsi Mobilitas, dan 0,416 pada Persepsi Kepercayaan.

English Abstract

Technological developments and advancements are growing rapidly in this era of globalization. Specifically, technology-based information systems are increasingly advanced and modern. One example of technological advancement is BCA mobile banking. BCA mobile banking is an application that supports customers in conducting banking transactions through smartphones. With the existence of mobile banking, it provides many benefits and conveniences for customers. The Covid-19 pandemic has triggered people to do more digital transactions, this condition can be seen from the recording data at Bank BCA which shows the growth of digital transaction volume in the last three years. In this study, the model used is the Technology Acceptance Model (TAM), namely the perceived ease of use and perceived usefulness variables, then in this study added two variables, namely the mobility variable and the trust variable. The purpose of this research is to find out and explain the effect of perceptions of ease of use, usefulness, mobility, and trust on the intention to use BCA mobile banking. Explanatory research (explanatory research) is a type of research used in research, and with a quantitative approach. Explanatory Research (explanatory research) is a study with the aim of explaining the causal relationship of the variables studied, namely Perception of Ease (X1), Perception of Usefulness (X2), Perception of Mobility (X3), Perception of Trust (X4), and Intention to Use (Y). by testing the hypothesis. The results in this study indicate that the variables of Perceived Ease (X1), Perceived Usefulness (X2), Perceived Mobility (X3), Perceived Trust (X4) have an effect on the Intention to Use variable (Y). with a regression coefficient value of 0.086 on the perception of convenience (X1), 0.104 on the perception of benefits, 0.130 on the perception of mobility, and 0.416 on the perception of trust.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030383
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Mobilitas, Dan Persepsi Kepercayaan.Perception of Ease Of Use, Perception of Usefulness, Perception of Mobility, and Perception of Trust.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:10
Last Modified: 14 Apr 2023 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198290
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alfareza.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item