Urgensi Pengaturan Terhadap Tindakan Memfoto Orang Lain Tanpa Izin Berkaitan dengan Privasi Seseorang

Nisrina, Virihana Widad (2022) Urgensi Pengaturan Terhadap Tindakan Memfoto Orang Lain Tanpa Izin Berkaitan dengan Privasi Seseorang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tindakan memfoto orang lain tanpa izin sedang marak terjadi di masyarakat dan tidak sedikit yang memperluas foto tersebut tanpa menanyakan izin kepada seseorang yang menjadi objek dalam foto tersebut. Hal ini banyak mengganggu masyarakat dalam berkegiatan di tempat umum. karena telah mengganggu masyarakat, maka dikaitkanlah dengan privasi yang di dalam UUD NRI 1945 Pasal 28G. Ada beberapa Undang-Undang juga seperti UU HAM, UU ITE, UU Hak Cipta, UU PDP, dan PERMEN KOMINFO No. 20 Tahun 2016. Namun, manakah yang dapat digunakan untuk dapat menjadi pertanggung jawaban pidana atas tindakan memfoto orang lain tanpa izin ini, jika dikaitkan dengan privasi. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normatif dengan cara meneliti dengan bahan hukum primer. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan perbandigan (comparative approach). Hasil penelitian yang didapat saat membedah undang-undang yang menjadi bahan hukum primer merupakan adanya beberapa undang-undang yang dapat digunakan sesuai dengan apa yang terjadi. Perbandingan yang dilakukan terhadap Negara Jerman juga menjadi sebuah gambaran bahwa ada beberapa perbedaan dan persamaan antara Indonesia dengan Negara Jerman yang beberapa peraturan yang digunakan Jerman bisa menjadi contoh untuk Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, dengan adanya beberapa yang dapat menjadi pertanggung jawaban pidana yang digunakan apabila tindakan memfoto orang lain tanpa izin ini terjadi serta hasil perbandingan dengan Negara Jerman mengharuskan untuk pemerintah pembuat perundang-undangan untuk membuat peraturan mengenai privasi.

English Abstract

The act of photographing others without permission is rampant in society and notafew are expanding the photo without asking permission from someone who is the object in the photo. This disturbs many people in activities in public places. because it has disturbed the community, it is associated with privacy which is in the 1945 NRI Constitution Article 28G. There are also several laws such as the Human Rights Law, Law Electronic Information and Transactions, copyright law, Personal Data Protection Law, and PERMEN KOMINFO No. 20 of 2016. However, which one can be used to be able to becomeacriminal liability for this act of photographing others without permission if it is associated with privacy. This research uses normative juridical research by researching primary legal materials. This research also uses a statute approach and a comparative approach. The results of the research obtained when dissecting laws that are the material of primary law are the existence of several laws that can be used according to what happens. The comparison made to the German State is also an illustration that there are some differences and similarities between Indonesia and the German state, some of the regulations used by Jerman can be an example for Indonesia. Based on the results of research that has been found, the existence of some that can be criminal liability used if this act of photographing others without permission occurs and the results of comparisons with the German State require the government to make laws and regulations regarding privacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522010064
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:28
Last Modified: 20 Mar 2023 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197728
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Virihana Widad Nisrina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item