Analisis Pengaruh Lisensi, Pendapatan, Harga, Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Software (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam 2014-2018 Universitas Brawijaya

Firmansyah, Yogi and Ajeng Kartika Galuh (2022) Analisis Pengaruh Lisensi, Pendapatan, Harga, Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Software (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam 2014-2018 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lisensi, harga, pendapatan, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian atau konsumsi pada preferensi produk software. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian atau mengonsumsi pada produk software. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Uiversitas Brawijaya Malang Jurusan Ilmu Ekonomi Program Studi Ekonomi Islam dari tahun 2014 - 2018. Sampel pada penelitian ini sebanyak 87 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability sampling dengan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Analisis ini meliputi: Uji Hosmer and Lemeshow’s Goodness of Fit Test, Uji log Likelihood, Koefisien Determiasi R2, dan Uji Omnibus Test of Model. Hasil yang diperoleh dengan uji regresi logistic disimpulkan bahwa variable lisensi, harga, pendapatan dan religiusitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variable terikat yaitu preferensi membeli produk software

English Abstract

The objectives of this research are to identify the magnitude of the effects of license, price, income, and religiosity on the purchase decision of or consumption preference to software products and to determine which factor has the dominant effect. The population are students of Islamic Economics program of Economics Department at the Faculty of Economics and Business of Universitas Brawijaya from 2014- to 2018. Using non-probability sampling technique of purposive sampling method, in which samples were selected based on certain consideration, 87 students were used as the respondents. The data was analyzed using logistic regression; Hosmer and Lemeshow’s goodness of fit, log likelihood, R2 coefficient of determination, and Omnibus Test of Model were incorporated. This study finds that license, price, income, and religiosity simultaneously have a significant effect on the preference to buy software products

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020351
Uncontrolled Keywords: Lisensi, harga, pendapatan, dan religiusitas, keputusan pembelian software, license, price, income, religiosity, software purchase decision
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:20
Last Modified: 15 Mar 2023 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197565
[thumbnail of :0522020351] Text (:0522020351)
Yogi Firmansyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item