Analisis Kinerja Keuangan Daerah, Pertumbuhan Ekonomi, Dan Ketimpangan Pendapatan Pada Kabupaten/Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010-2019

Farhani, Salsabila Azkia and Dr. Susilo, (2022) Analisis Kinerja Keuangan Daerah, Pertumbuhan Ekonomi, Dan Ketimpangan Pendapatan Pada Kabupaten/Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010-2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari kinerja keuangan daerah terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan, serta pengaruh dari pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan di Kabupaten/Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada periode 2010-2019. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis jalur (Path Analysis) dengan model data panel Fixed Effect. Pengukuran kinerja keuangan daerah dalam penelitian ini menggunakan Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal, Rasio Penyerapan Belanja Daerah, dan Rasio Belanja Modal. Hasil penelitian ini memiliki indikasi bahwa secara simultan RDF, RPB, RBM, dan PE memiliki pengaruh signifikan terhadap Ketimpangan Pendapatan di Kabupaten/Kota D.I.Y. Akan tetapi, pengaruh langsung secara parsial hanya terjadi pada variabel RBM serta pengaruh tidak langsung dari variabel RPB. Kemudian, variabel RDF, RPB, dan RBM berpengaruh signfiikan secara simultan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Secara parsial hanya variabel RBM yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Terakhir, Pertumbuhan Ekonomi terindikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Ketimpangan Pendapatan di Kabupaten/Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020534
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan Daerah, Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Pendapatan,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:09
Last Modified: 13 Mar 2023 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197488
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SALSABILA AZKIA FARHANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item