Fadli, Rizky and Dr. Syaiful Iqbal, (2020) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Sistem Informasi Kasir Point Of Sales (Studi Kasus Terhadap Umkm Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan sistem informasi kasir point of sales (POS) berbasis cloud oleh UMKM telah meningkat sejak tahun 2015, ternyata masih memiliki kelemahan dalam sisi pencatatannya. Penelitian ini menguji faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan sistem informasi kasir POS berbasis cloud dengan menggunakan perspektif dari model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Total 100 responden adalah pemilik UMKM di Kota Malang yang memiliki pengalaman menggunakan sistem informasi kasir POS berbasis cloud. Data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Temuan penelitian ini menunjukan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, motivasi hedonis berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi kasir POS berbasis cloud. Untuk variabel kondisi yang memfasilitasi, nilai harga, dan kebiasaan tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem informasi kasir POS berbasis cloud, tetapi berpengaruh positif terhadap perilaku penggunaan sistem informasi kasir berbasis cloud. Maka dari itu, penyedia layanan dapat menentukan fitur apa yang semestinya di tingkatkan agar pengguna bersedia untuk mengadopsi sistem informasi kasir POS berbasis cloud
English Abstract
Cloud-based point of sales (POS) system has been increasingly used by MSMEs since 2015 despite its weaknesses in the recording process. This research examines the factors that influence the use of cloud-based POS system from the perspective of the Unified Theory of Acceptance and Use of Technolgy 2 (UTAUT2). The respondents of this quantitative research are 100 MSME entrepreneurs in Malang with the experience of using cloud-based POS system cloud, and the data was analyzed through SPSS software. This research finds that perfomance expectancy, effort expenctancy, social influence, hedonic motivation have positive effect on the intention of using cloud-based POS system. Facilitating condition, price value, habit have no effect on the intention of using cloud-based POS system, yet have positive effect on the behavior of using cloud-based POS system. It implies that cloud-based POS system providers should be able to determine what features needs to be improved to attract more users
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520020560 |
Uncontrolled Keywords: | Point of Sales, Aplikasi Sistem Informasi Kasir Berbasis Cloud, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2,Point of Sales, Cloud-Based Cashier Application Information System, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2. . |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 02:49 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197465 |
Text
Rizky Fadli.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |