Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Religiusitas Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Spaylater (Studi Kasus Pada Generasi Z)

Dary, Riszha Wulan and Prof. Dr. M. Pudjihardjo, (2022) Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Religiusitas Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Spaylater (Studi Kasus Pada Generasi Z). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan globalisasi berdampak pada kehidupan manusia dengan memberikan perubahan terhadap berbagai bidang pada saat ini. Salah satunya bidang teknologi dan informasi yang berkembang dengan tidak terlepas dari adanya internet. Banyak bermunculan berbagai marketplace di Indonesia, penelitian ini fokus pada marketplace shopee. Shopee menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Shopee menyediakan berbagai metode pembayaran salah satunya adalah Spaylater. Sistem Spaylater sama halnya dengan kartu kredit yaitu memberikan pinjaman kepada penggunanya. Generasi muda yaitu generasi z saat ini mendominasi pengguna internet di Indonesia. Mereka paling banyak menggunakan untuk bersosial media ataupun belanja online. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan, religiusitas dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian menggunakan Spaylater. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan deskriptif dengan analisis regresi linier berganda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dari populasi sebanyak 125 responden dari generasi Z muslim di Indonesia. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kepercayaan, kemudahan, religiusitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan Spaylater

English Abstract

The development of globalization has an impact on human life by bringing changes to human life. various fields today. One of them is the field of technology and information that is developing and cannot be separated from the internet. Many marketplaces have sprung up in Indonesia, this research focuses on the shopee marketplace. Shopee is the most visited marketplace in Indonesia. Shopee provides various payment methods, one of which is Spaylater. The Spaylater system is the same as a credit card in that it provides loans to its users. The younger generation, namely Generation Z, currently dominates internet users in Indonesia. They mostly use it for social media or online shopping. The purpose of this study was to determine the effect of trust, convenience, religiosity and risk perception on purchasing decisions using Spaylater. This study uses a descriptive quantitative approach with multiple linear regression analysis. The sampling method used is non-probability sampling with purposive sampling technique. The sample of the population is 125 respondents from generation Z Muslims in Indonesia. The results obtained that trust, ease of use, religiosity and perceived risk together have a significant effect on purchasing decisions using Spaylater

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020325
Uncontrolled Keywords: Metode Pembayaran Spaylater; Kepercayaan; Kemudahan; Religiusitas; Persepsi risiko, Spaylater Payment Method; Trust; Ease of Use; Religiosity; Received Risk
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:15
Last Modified: 14 Feb 2023 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197460
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RISZHA WULAN DARY.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item