Telaah Nilai-Nilai Maqashid Syariah Atas Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi Di Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu)

Harsiwie, Riesa Istiqamah Putri and Prof. Dr. Maryunani and Dr. Dra. Asfi Manzilati, (2022) Telaah Nilai-Nilai Maqashid Syariah Atas Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi Di Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pemberdayaan masyarakat dengan konsep pengembangan ekonomi lokal ditinjau dari maqashid syariah dan peran pemberdayaan dalam perekonomian masyarakat petani jagung di Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu. Jenis penelitian yang sesuai adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang akan digunakan untuk penelitian ini adalah metode studi kasus. Wawancara, dokumentasi, dan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data. Kemudian setelah data dikumpulkan, interpretasi data dan validasi data dilakukan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa konsep pembangunan ekonomi lokal yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berdaya saing untuk masa depan ekonomi yang lebih baik, maka kerjasama antar berbagai pihak perlu ditegakkan dengan dan mengikuti nilai-nilai yang terkandung dalam tujuan hidup dalam ekonomi Islam, yaitu indeks maqashid syariah yang meliputi pendapatan dalam tinjauan memelihara agama, kegiatan keagamaan dilihat dari menjaga agama, pelatihan dalam menjaga akal, pendidikan dalam menjaga keturunan, dan kebutuhan hidup di bawah pengawasan menjaga jiwa.

English Abstract

The objective of this research is to describe the relationship between community empowerment and the concept of local economic development from the perspective of maqasid sharia and the roles of empowerment in the economy of corn farmers in Lanci Jaya village of Manggelewa sib-district in Dompu regency. The data of this qualitative case study was harvested through interviews, documentations, and observations. Interpretation and validation were conducted after the data was acquired. This study finds that, in order to achieve local economic development swhich are able to create independent and competitive community for better future economy, all stakeholders need to work together following values contained in Islamic economics’ life goals. The goals are the maqasid sharia index that coversincome to foster the religion, religious activities to safeguard the religion, training to maintain logic, education to maintain descendants, and life needs to maintain the soul

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: :0422020055
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ekonomi Lokal, Maqashid Syariah, local economic development, maqasid sharia
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:27
Last Modified: 14 Feb 2023 01:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197452
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Riesa Istiqamah Putri Harsiwie.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item