Bustomi, Muhammad Irsyad Gulam and Dr. Ir. Nur Prima Waluyowati, (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Kopi Omah Boto Di Kabupaten Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan kedai kopi atau coffee shop juga terjadi di Kota Tuban yang bisa ditemukan di tengah kota hingga pinggiran Kota Tuban. Pada Kota Tuban sendiri terdapat kedai kopi yang cukup terkenal hingga kedai kopi lokal seperti, Janji Jiwa, Kopi Soe, Kopi Konco Dolan, Kopi Sof, Beli Kopi dan kedai kopi lainya. Perkembangan kedai kopi menuntut pengusaha agar mampu mendiferensiasikan bisnisnya dengan kompetitor. Salah satu caranya adalah dengan peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah Explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang menjelaskan hubungan antar variabel melalui uji hipotesis. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 60 responden dari pelanggan Kedai Kopi Omah Boto Kota Tuban, dengan teknik Purpossive Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bawhwa uji t parsial tidak menunjukkan signifikan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh 57,8% kualitas pelayanan.
English Abstract
ntroduction – The development and the increasing consumption of coffee in Indonesia have increased the number of coffee shop business in many cities, including Tuban. In this city, there are people who have started their coffee shop business, which increase the competition and require the businesspeople to create differentiations. Objective – This research attempts to identify the causal effects between service quality and customer satisfaction at Kedai Kopi Omah Boto using the dimensions of service quality. The dimensions are tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Design/Method – This research applies the quantitative method. A survey to sixty respondents was conducted to evaluate customer’s satisfaction concerning the quality of the coffee shop’s services. The data analysis was performed using multiple linear regression to measure the effectiveness of service quality on customer satisfaction. Findings – The five dimensions of service quality are influential on customer satisfaction, but it is only assurance that has a major impact on the satisfaction of Kedai Kopi Omah Boto’s customers
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0522020278 |
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy, kepuasan pelanggan, service quality, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy, customer satisfaction |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 02:51 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 02:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197328 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Irsyad Gulam Bustomi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |