Pengaruh Keterkaitan Iklan Terhadap Penghindaran Iklan Dengan Keterlibatan Iklan Dan Gangguan Oleh Iklan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Instagram Di Jawa Timur)

Citalada, Muhammad Bhirawa Dwi Atma and Dr. Atim Djazuli, and Sri Palupi Prabandari, (2022) Pengaruh Keterkaitan Iklan Terhadap Penghindaran Iklan Dengan Keterlibatan Iklan Dan Gangguan Oleh Iklan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Instagram Di Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terlepas dari banyaknya penelitian terkait iklan online dan bagaimana pengaruhnya, masih sedikit penelitian yang mencoba meneliti terkait perilaku penghindaran iklan yang dilakukan oleh seseorang. Bagaimanapun, banyaknya iklan yang muncul membuat sesorang akan merasa terganggu dan memicu perilaku penghindaran terhadap iklan yang mereka lihat. Dipandu oleh cognitive dissonance theory dan psychological reactance theory, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki lebih jauh hubungan antara keterkaitan iklan dan perilaku penghindaran iklan dengan dimediasi oleh variabel gangguan iklan dan keterlibatan iklan. Penelitian ini menggunakan instagram sebagai obyek penelitian. Instagram dipilih karena merupakan media sosial yang jumlah penggunanya bertumbuh pada setiap tahunnya dan hal tersebut pula yang memicu banyak pemasar untuk memasang iklan di instagram. Penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif dengan kategori penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna instagram di Jawa Timur. Teknik sampling yang diggunakan adalah non probability dengan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 160 pengguna instagram yang pernah melakukan penghindaran iklan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan penyebaran kuisoner. Teknik analisis data dilakukan dengan SEM-PLS dengan menggunakan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian membuktikan rendahnya keterkaitkan iklan secara langsung terbukti dapat menurunkan tingkat keterlibatan iklan serta meningkatkan tingkat gangguan oleh iklan dan perilaku penghindaran iklan. Keterlibatan iklan serta gangguan oleh iklan mampu berperan sebagai mediasi pada pengaruh keterkaitan iklan terhadap penghindaran iklan secara sebagian (partial mediation).

English Abstract

Despite many studies on online advertising and its effects, there are still few studies that try to examine the avoidance of advertising by a person. However, the number of advertisements that appears will make someone feel annoyed and trigger avoidance behavior towards the advertisement they see. Guided by cognitive dissonance theory and psychological reactance theory, the aim of this study was to further investigate the relationship between ads relevance and ads avoidance behavior mediated by ads perceived intrusiveness and ads engagement variables. This study uses Instagram as the object of research. Instagram was chosen because it is a social media whose number of users is growing every year and this is what triggers many marketers to place ads on Instagram. This study uses a quantitative paradigm with the category of explanatory research. The population in this study were Instagram users in East Java. The sampling technique used is non- probability with a purposive sampling approach. The number of samples taken as many as 160 Instagram users who have avoided advertising. The data collection technique used is by distributing questionnaires. The data analysis technique was carried out with SEM-PLS using smartPLS 3.0 software. The results of the study prove that low ads relevance is directly proven to reduce the level of ad engagement and increase the level of ads perceived intrusiveness and ads avoidance behavior. The Ads engagement and ads perceived intrusiveness is able to act as a partial mediation on the effect of ads relevance on ads avoidance

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: :0422020048
Uncontrolled Keywords: keterkaitan iklan, penghindaran iklan, keterlibatan iklan, gangguan- oleh iklan, advertising relevance, advertising avoidance, advertising- engagement, advertising intrusiveness
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:49
Last Modified: 07 Feb 2023 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197319
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Bhirawa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item