Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use Terhadap Purchase Intention Dan Attitude Toward Using Sebagai Mediasi Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota Malang)

Albanani, Muhammad Tsabit and Raditha Dwi Vata Hapsari (2022) Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use Terhadap Purchase Intention Dan Attitude Toward Using Sebagai Mediasi Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinamika persaingan bisnis dalam perkembangan dunia teknologi informasi semakin maju dan berkembang secara pesat yang berdampak terhadap sebagian besar masyarakat dari yang tradisional menjadi modern, salah satunya mengubah gaya belanja masyarakat Indonesia. Gaya belanja masyarakat tradisional masih menggunakan metode offline yang harus mendatangi toko secara langsung, kini perlahan berubah menjadi modern yang menggunakan metode Online dengan melewati e-commerce, yaitu aplikasi yang dapat mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu platform secara online atau virtual yang didalamnya dapat melakukan transaksi elektronik, pertukaran uang, dan pertukaran informasi. Pesantren merupakan salah satu rumah tangga berskala besar yang kebutuhan didalamnya sangat banyak dan heterogen. Belakangan ini, Penggunaan e- commerce di Indonesia terus mengalami peningkatan. Sedangkan Shopee merupakan merk e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia. Beberapa faktor yang di pertimbangkan penggunaan sebelum menggunakan e-commerce antara lain, kegunaan dan kemudahan dan sistem jaringan yang memadai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan terhadap minat beli melalui aplikasi Shopee yang di mediasi oleh sikap penggunaan pengguna pada santri Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang bertujuan untuk menguji teori dan hipotesis untuk memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis hasil penelitian yang telah ada sebelumnya. Populasi dalam penelian ini adalah santri Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota malang yang menggunakan Aplikasi Shopee, sampel yang digunakan sebanyak 144 sampel yang diperoleh dengan teknik sensus atau sampel jenuh dengan karakteristik responden yang menggunakan Aplikasi Shopee berusia 17 tahun keatas dan melakukan aktivitas yang bersifat transaksional maupun non- transaksi minimal 2 kali dalam sebulan. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala likert yang kemudian diuji menggunakan analisis Outer Model, Inner Model, dan Uji Mediasi melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa pada pengujian pengaruh langsung dari 5 variabel, terdapat 2 hasil pengujian yang tidak memiliki pengaruh yaitu Perceived Ease Of Use (PEOU) terhadap Attitude Toward Using dan Perceived Usefulness (PU) terhadap Purchase Intention (PI). Pada pengujian pengaruh tidak langsung dari 2 variabel, terdapat 1 hasil pengujian yang tidak memiliki pengaruh yaitu Perceived Ease Of Use (PEOU) terhadap Purchase Intention (PI) yang melalui Attitude Toward Using sebagai variabel mediasi

English Abstract

The dynamics of business competition through the development of the world of information technology which is increasingly advanced and growing rapidly has an impact on most people from traditional to modern, one of which is changing the shopping style of the Indonesian people. The traditional shopping style of the community uses the offline method which has to go to the store directly, is now slowly turning into a more modern one using the Online method by passing e-commerce, which is a platform that can bring together sellers and buyers online or virtual in which electronic transactions, money exchanges, and exchange of information can be carried out. Pesantren is one of the large-scale households whose needs are numerous and heterogeneous. Recently, the use of e-commerce in Indonesia continues to increase. Meanwhile, Shopee is the most widely used e-commerce apps in Indonesia. Several factors are considered by users before using e-commerce, among others, usability, convenience as well as an adequate network system. Therefore, it is important to conduct research to determine the effect of perceived usefulness, perceived ease on buying interest through the Shopee application which is mediated by the attitude of the user's use of the Anwarul Huda Islamic Boarding School students, Malang City. The type of this research is explanatory research which aims to test theories and/or hypotheses to strengthen or even reject theories or hypotheses from previous research. The population in this study were students of the Anwarul Huda Islamic Boarding School in Malang City who used the Shopee Application, the sample used is 144 samples obtained by using the census technique or saturated sample with the characteristics of respondents who use the Shopee Application aged 17 years and over and carry out transactional and non-transactional activities at least 2 times a month. The data collection instrument used was a Likert scale which was then tested using the analysis of the Outer Model, Inner Model, and Mediation Test through the SmartPLS 3.0 application. The results of data testing show that in testing the direct influence of 5 variables, there are 2 test results that have no effect, namely Perceived Ease Of Use (PEOU) on Attitude Toward Using and Perceived Usefulness (PU) on Purchase Intention (PI). In testing the indirect effect of 2 variables

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020252
Uncontrolled Keywords: TAM, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Attitude Toward Using, Purchase Intention, e-Commerce, Shopee, Islamic Boarding Schoo, TAM, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Attitude Toward Using Purchase Intention, e-Commerce, Shopee, Pesantren
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:04
Last Modified: 02 Feb 2023 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197258
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M. TSABIT AL BANANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item