Analisis Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, dan Persepsi atas Produk Halal dalam Pembelian Kosmetik Halal (Studi Kasus Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Agusty, Lingga Erlambang and Aminnullah Achmad Muttaqin (2022) Analisis Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, dan Persepsi atas Produk Halal dalam Pembelian Kosmetik Halal (Studi Kasus Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kosmetik dan kecantikan merupakan industri dengan nilai yang sangat tinggi di dunia, salah satunya juga di Indonesia. Di Indonesia sendiri, perkembangan dunia kosmetik sangat pesat dari waktu ke waktu. Sebagai negara dengan populasi mayoritas Muslim, permintaan akan produk kosmetik halal merupakan peningkatan yang tidak dapat disangkal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh variabel halal, kesadaran halal, dan juga persepsi produk halal terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk kosmetik halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data berupa data primer yang diperoleh melalui teknik penyebaran kuesioner kepada responden dengan menentukan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel prediktor yang terdiri dari label halal (X1), kesadaran halal (X2) dan persepsi produk halal (X3) terhadap variabel respon yaitu keputusan konsumen dalam membeli produk kosmetik halal (Y) baik secara bersamaan. atau sebagian pada setiap variabel prediktor. Secara parsial, variabel X1 berpengaruh positif sebesar 0,017 dan tidak signifikan dengan nilai 0,847 pada variabel Y. Sedangkan variabel X2 berpengaruh positif sebesar 0,340 dan signifikan dengan nilai 0,000 pada variabel Y. Kemudian untuk variabel X3 berpengaruh positif sebesar 0,399 dan signifikan dengan nilai 0,000 untuk variabel Y.

English Abstract

The cosmetic and beauty industry is an industry with a very high value in the world, one of which is also in Indonesia. In Indonesia itself, the development of the cosmetic world is very rapid from time to time. As a country with a majority Muslim population, the demand for halal cosmetic products is an undeniable increase. This study was conducted with the aim of analyzing whether there is an influence of halal variables, halal awareness, and also perceptions of halal products on consumer decisions in purchasing halal cosmetic products. The research method used in this research is to use a quantitative approach with the data source in the form of primary data obtained through the technique of distributing questionnaires to respondents by determining the sample using a purposive sampling method. The results showed that there was a significant effect of the predictor variables consisting of halal labels (X1), halal awareness (X2) and perceptions of halal products (X3) on the response variable, namely consumer decisions in purchasing halal cosmetic products (Y) both simultaneously. or partially on each predictor variable. Partially, the X1 variable has a positive effect of 0.017 and is not significant with a value of 0.847 on the Y variable. While the X2 variable has a positive effect of 0.340 and is significant with a value of 0.000 on the Y variable. Then for the X3 variable has a positive effect of 0.399 and is significant with a value of 0.000 for the Y variable.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020247
Uncontrolled Keywords: Cosmetics; Halal: Halal Awareness; Halal Cosmetics, Cosmetics; Halal: Halal Awareness; Halal Cosmetics
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:13
Last Modified: 02 Feb 2023 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197237
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
LINGGA ERLAMBANG AGUSTY.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item