Perencanaan Bisnis Pada Usaha Online Kairan Accessories

Fadhilah, Khairana and M. Abdi Dzil Ikhram W, (2022) Perencanaan Bisnis Pada Usaha Online Kairan Accessories. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 ini membuat pelaku bisnis dituntut untuk dapat mengembangkan bisnis nya secara Online melalu e-commerce terutama industri fashion di Indonesia agar dapat terus mengikuti perkembangan serta memenuhi kebutuhan pasar. Penilitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelayakan usaha dari Kairan Accessories dengan menganalisis faktor internal dan eksternal dari Kairan Accessories, lalu menganalisis alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh Kairan Accessories serta menganalisis keuangan dari Kairan Accessories. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Investasi dan keuntungan, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE dan Matriks SWOT. hasil dari analisis investasi memperoleh periode selama 1 tahun 29 hari, NPV sebesar Rp11.344.600, PI 2,32 dan IRR 33.6%. Selain itu, analisa keuntungan yang terdiri dari BEP sebesar Rp29.090.909 dan margin kontribusi sebesar 65,71%. Hasil dari Matriks IFE menghasilkan nilai 292, dan Matriks EFE menghasilkan nilai 279. Posisi perusahaan menurut analisis Matriks IE berada pada kuadran I, yaitu strategi agresif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kairan Accessories layak dijalankan dengan menggunakan strategi yang memanfaatkan kekuatan internal untuk merebut peluang yang ada sehingga hal tersebut dapat meningkatkan penjualan.

English Abstract

Covid-19 pandemic has urged Indonesian businesspeople, especially those engaged in fashion, to develop their business Online through e-commerce in order to keep up with recent development and to meet market needs. This research aims to identify the business feasibility of Kairan Accessories by analyzing the company’s internal and external factors, to analyze alternate strategies that can be taken, and to analyze the company’s finance. The data of this research was analyzed using investment and profit analysis, IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, and SWOT matrix. The results of the investment analysis show that the company has the NPV of IDR 11.344.600, the PI of 2,32, and the IRR of 33.6%. The results of the profit analysis indicate that the company has the BEP of IDR Rp29.090.909 and the contribution margin of 65.71%. The IFE matrix produces the value of 292, while the EFE matrix produces 279. Based on the IE matrix, the company is in the first quadrant, i.e. the aggressive strategy. Therefore, Kairan Accessories is feasible using a strategy that relies on its internal strength to take any possible opportunities which eventually can lead to sales increase

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020239
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Usaha, Bisnis Online, Kairan Accessories, Business feasibility, Online business, Kairan Accessories
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:28
Last Modified: 01 Feb 2023 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197220
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Khairana Fadhilah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item