Rachmawan, Jefri Ilham and Nurlita Novianti, (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Analisis Investasi Menggunakan Technology Acceptance Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi analisis investasi oleh investor di Jawa Timur. Aplikasi yang diteliti dibuat oleh Kompas Gramedia Group, yaitu RTI Business. Salah satu metode pendekatan untuk memahami penggunaan terhadap teknologi informasi adalah Technology Acceptance Model (TAM). Model TAM mendefinisikan dua hal yang mempengaruhi penggunaan teknologi informasi yaitu persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan yang dimediasi oleh minat menggunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan cara membagikan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode non probability sampling. Objek penelitian ini adalah investor yang berdomisili di Jawa Timur yang pernah menggunakan aplikasi RTI Business dengan total responden 186 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan. Selanjutnya minat menggunakan berpengaruh positif terhadap penggunaan
English Abstract
This study aims to determine the factors that influence the use of investment analysis applications by investors in East Java. The application under study was made by Kompas Gramedia Group, namely RTI Business. One approach method to understand the use of information technology is the Technology Acceptance Model (TAM). The TAM Model defines two things that affect the use of information technology, perception ease of use and perception usefulness mediated by behavioral intention to use. This type of research is quantitative research by distributing questionnaries. The sample in this study was obtained using a non- probability sampling method. The object of this research is investors who live in East Java who have used RTI Business application with a total 186 respondents. The analytical method used is regression analysis using SPSS version 25. The results of this study indicate that perception ease of use and perception usefulness have positive effect on behavioral intention to use. Furthermore, behavioral intention to use has a positive effect on actual system usage
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0522020233 |
Uncontrolled Keywords: | ersepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Minat Menggunakan dan Penggunaan, erceived ease of use, perceived usefulness, behavioral intention to use and actual system usage. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 02:46 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 02:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197201 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jefri Ilham Rachmawan.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |