Ayu Cleverisa, Shacitra (2022) Korelasi antara Membaca L1, Membaca L2, dan Kosakata L2. Program. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menguji hubungan antara kemampuan membaca bahasa pertama (L1) dan kemampuan membaca bahasa kedua (L2), dan antara penguasaan kosakata L2 dengan kemampuan membaca L2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran membaca L1 dalam membaca L2 dan peran kosakata L2 dalam membaca L2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui desain penelitian korelasional. Peneliti menggunakan desain penelitian korelasional dengan melihat kemampuan membaca pada L1, kemampuan membaca pada L2, dan tes kosakata L2 untuk siswa kelas satu SMK Islam Kunjang. Peneliti menggunakan tes 25 item untuk setiap tes sebagai instrumen untuk penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas satu SMK Islam Kunjang yang berjumlah 30 siswa. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan empat tahap: menganalisis skor, kemudian memeriksa skor siswa, menghubungkan semua variabel, dan menafsirkan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan antara membaca L1 dan membaca L2 (r=.452), dan hubungan yang signifikan antara kosakata L2 dan membaca L2 juga terbukti (r=.751). Ini berarti korelasi antara membaca L1 dan L2 cukup signifikan dan peran kosakata L2 dalam membaca L2 secara statistik kuat. Dapat disimpulkan bahwa hampir semua siswa kelas X SMK Islam Kunjang tahun ajaran 2021/2022 yang mendapatkan nilai baik dalam membaca L1 dan pengetahuan kosa kata juga mendapatkan nilai yang mendekati cukup dalam membaca L2. Ini berarti bahwa membaca L1 dan pengetahuan kosa kata sangat penting untuk pemahaman membaca di L2. Untuk meningkatkan pemahaman membaca dan pengetahuan kosa kata siswa, siswa harus membiasakan membaca dengan durasi tertentu dalam satu hari untuk memahami suatu teks
English Abstract
This research examines the relationship between first language (L1) reading ability and second language (L2) reading ability, and between L2 vocabulary mastery and L2 reading ability. The purposes of the research are to know the role of L1 reading in L2 reading and the role of L2 vocabulary in L2 reading. This study employed a quantitative approach through a correlational research design. The researcher used a correlational research design by looking at reading performance in L1, reading performance in L2, and L2 vocabulary tests for the first- year students of Kunjang Islamic Vocational School. The researcher used a test of 25 items for each test as an instrument for this study. There were 30 students of first-year students of Kunjang Islamic Vocational School as the sample of this research. In analyzing the data, the researcher carried out four stages: analyzing the scores, then examining the scores of students, correlating all the variables, and interpreting the result. The study's result showed a significant correlation between the L1 reading and L2 reading (r=.452), and significant relationship between L2 vocabulary and L2 reading was also evident (r=.751). It means the correlation between L1 and L2 reading was significantly moderate and the role of L2 vocabulary in L2 reading was statistically strong. It can be concluded that almost all students in the tenth grade of Kunjang Islamic Vocational School academic year 2021/2022 who get good scores in L1 reading and vocabulary knowledge also get scores close to sufficient in L2 reading. It is meant that L1 reading and vocabulary knowledge is essential for reading comprehension in L2. To improve students' reading comprehension and vocabulary knowledge, students must get used to reading for a specific duration in one day to understand a text.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0422120019 |
Uncontrolled Keywords: | membaca dalam L1, membaca dalam L2, penguasaan kosakata, korelasi. |
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics |
Divisions: | S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 03:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197065 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHACITRA AYU CLEVERISA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |