Mengkaji Motivasi Membaca dan Kaitannya dengan Kemahiran Membaca Bahasa Kedua dalam Konteks Pendidikan Tinggi Indonesia.

Jannah, Miftahul (2022) Mengkaji Motivasi Membaca dan Kaitannya dengan Kemahiran Membaca Bahasa Kedua dalam Konteks Pendidikan Tinggi Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa EFL tingkat tersier di Indonesia dan mengkaji peran mereka dalam membaca bahasa kedua. Desain kuantitatif, khususnya desain korelasional, digunakan dalam penelitian ini. Terdapat 77 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya yang secara sukarela mengikuti penelitian ini yang dipilih melalui convenience sampling. Para peserta diminta untuk mengisi kuesioner yang diadopsi dari Wigfield and Guthrie's Motivation for Reading Questionnaire (MRQ) (1997). Selain itu, self-assessment reading report digunakan untuk mengukur kemampuan membaca siswa. Korelasi antara motivasi siswa untuk membaca dan kemampuan membaca mereka terutama diselidiki dalam penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan program SPSS dengan statistik deskriptif untuk menjawab pertanyaan penelitian 1 dan analisis korelasi Pearson untuk menjawab pertanyaan penelitian 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi secara ekstrinsik dalam membaca bahasa Inggris daripada termotivasi secara intrinsik. Sementara itu, motivasi intrinsik dan ekstrinsik ditemukan memiliki hubungan yang signifikan dengan membaca siswa. Selain itu, ditemukan juga bahwa motivasi intrinsik memiliki korelasi yang paling kuat, dan motivasi ekstrinsik menunjukkan korelasi yang lebih rendah dengan kemampuan membaca. Berdasarkan temuan tersebut, dosen diharapkan dapat 'meningkatkan motivasi intrinsik mahasiswa untuk membaca dan sekaligus mendorong untuk membaca lebih luas.

English Abstract

The purpose of this research is to explore the intrinsic and extrinsic motivations of tertiary-level EFL students in Indonesia and examine their roles om second language reading. Quantitative design, particularly correlational design, was employed in this study. There were 77 students from English department at Universitas Brawijaya who voluntarily participate in this study as selected through convenience sampling. The participants were required to fill out a questionnaire adopted from Wigfield and Guthrie's Motivation for Reading Questionnaire (MRQ) (1997). Besides that, self-assessment reading report was used to measure students’ reading proficiency. The correlation between students' motivation to read and their reading proficiency was mainly investigated in this study. The data collected were analyzed using the SPSS program with descriptive statistics to answer research question 1 and Pearson correlation analysis to answer research question 2. The results indicated that students are more extrinsicly motivated in reading English rather than instrinsically motivated. Meanwhile, intrinsic and extrinsic motivation were found to have a significant relationship with students' reading. In addition, it was also found that intrinsic motivation has the strongest correlation, and extrinsic motivation displayed lower correlation with reading proficiency. Based on these findings, lecturers are expected to increase students' intrinsic motivation to read and simultaneously encourage for more extensive reading.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422120006
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Membaca, Intrinsik Motivasi, Ekstrinsik Motivasi
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:37
Last Modified: 27 Jan 2023 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197003
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Miftahul Jannah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item