Preferensi Muslim Terhadap Pembelian Produk Makanan Impor Bersertifikasi Halal Di Kota Malang (Studi Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Muqaffi, Dzakka Al and Dra. Marlina Ekawaty, (2022) Preferensi Muslim Terhadap Pembelian Produk Makanan Impor Bersertifikasi Halal Di Kota Malang (Studi Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menjadi negara dengan penduduk muslin terbanyak di Dunia, Indonesia memiliki beragam makanan halal yang dapat ditujukan kepada para konsumennya. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku ekonomi baik lokal maupun luar negeri. Dengan banyaknya penduduk pastiya para pebisnis asing juga tertarik untuk mengekspor produk mereka ke Indonsesia tidak terkecuali prouk makanan. Dengan semakin berkembangnya teknologi maka dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang dimana setiap orang dapat mengakses sosial media dengan mudah. Dengan adanya sosial media para penjual akan lebih mudah untuk mengiklankan produknya sehingga dapat menyebabkan permintaan konsumen yang meningkat. Makanan impor sendiri sedang banyak digemari oleh masyarakat saat ini meskipun makanan lokal juga dapat bersaing di sana. Sebagai seorang muslim tentunya kehalalan produk adalah hal utama yang dilihat sebelum mebeli sebuah produk tersebut. Dalam hal ini masyarakat muslim telah dijamin dengan Undang-Undang Dasar 1945. Oleh karena itu negara juga turut bertanggung jawab dan menjamin atas kehalalan produk yang dikonsumsi oleh muslim yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi muslim terhadap pembelian produk makanan impor bersertifikasi halal di Kota Malang. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan metode analisis logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel bebas tehadap variabel terikat. Sedangkan secara parsial hanya satu variabel bebas yang tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat yaitu variabel harga

English Abstract

Being the country with the most Moslem population in the world, Indonesia has a variety of halal foods that can be addressed to its consumers. This is a distinct advantage for both local and foreign economic actors. With a large population, of course, foreign businessmen are also interested in exporting their products to Indonesia, including food products. With the development of technology, it can affect a person's lifestyle where everyone can access social media easily. With the existence of social media, sellers will find it easier to advertise their products so that it can lead to increased consumer demand. Imported food itself is being favored by many people today, although local food can also compete there. As a Moslem, of course, the halalness of a product is the main thing to look at before buying a product. In this case, the Moslem's is guaranteed by the 1945 Constitution. Therefore, the state is also responsible for and guarantees the halalness of products consumed by Moslems in Indonesia. This study aims to determine the factors that influence Moslem preferences for purchasing halal-certified imported food products in Malang City. The analysis used is descriptive statistical analysis with logistic analysis method. The results of this study indicate that there is a simultaneous significant effect between the independent variables on the dependent variable. Meanwhile, partially, only one independent variable has a significant effect on the dependent variable, namely the price variable.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020508
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:28
Last Modified: 27 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196993
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DZAKKA AL MUQAFFI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item