Akbar, Dafiq Ilham and Dr. Drs, Agung Yuniarinto (2022) Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Berkelanjutan Dimediasi Oleh Kepercayaan (Studi Pada Pengguna Layanan Netflix Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada pengguna layanan video on demand streaming Netflix di Kota Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu persepsi kemudahaan (X), variabel mediasi kepercayaan (Z) dan variabel dependen yaitu niat berkelanjutan (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi kemudahaan terhadap niat berkelanjutan dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian causal research untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna layanan video on demand streaming Netflix di Kota Malang yang berjumlah 130 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan software SPSS ver. 25. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahaan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkelanjutan dan kepercayaan pada konsumen pengguna layanan Netflix di Kota Malang. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkelanjutan pada pengguna Netflix di kota Malang. Kepercayaan secara langsung dapat memediasi persepsi kemudahan terhadap niat berkelanjutan.
English Abstract
This research was conducted on consumer Netflix service users video on demand in Malang City. The variables used in this study consisted of independent variables namely Perceived Ease of Use (X), mediating variable Trust (Z) and the dependent variable namely Continuance Intention (Y). The purpose of this study was to determine and analyze the influence of Perceived Ease of Use on Continuance Intention with Trust as a mediating variable. The type of research used is causal research to explain the relationship or influence between the variables studied. Respondents in this study were Netflix service users in Malang City, totaling 130 respondents. The method of data collection in this study uses a questionnaire which is measured by a Likert scale. Test the research instrument using a validity test and reliability test with SPSS software ver. 25. The method of data analysis uses path analysis to find out the direct and indirect effects. The results of the study showed that Perceived Ease of Use has a positive and significant effect on Continuance Intention on Netflix service users in Malang City. Perceived Ease of Use had a positive and significant effect on the Trust of Netflix service users in Malang City. Trust has a positive and significant effect on Continuance Intention Netflix service users in Malang City. Trust can mediate Perceived Ease of Use on Continuance Intention.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521020505 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Kemudahaan, Niat berkelanjutan, Kepercayaan, Perceived Ease of Use, Trust , Continuance Intention |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:06 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196944 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
dafiq ilham.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |