Vai Satu Alesiansyah, Rosyad (2022) Penggunaan Alih Kode Dalam Konten Kolaborasi Kanal Youtube Pavolia Reine CH. Hololive-ID. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di dalam bilingualisme, sering terjadi peristiwa yang disebut dengan alih kode, dimana masuknya bahasa asing ke dalam sebuah percakapan. Peristiwa alih kode ini sendiri ada beberapa jenisnya dan faktor yang mempengaruhinya pun beragam. Dikarenakan alih kode dapat terjadi di mana saja, penulis memilih untuk meneliti penggunaan alih kode yang ada di dalam konten youtube dengan menggunakan kajian sosiolinguistik. Berdasarkan teori yang dikemukakan Suwito, ada beberapa jenis alih kode yang dapat terjadi, lalu menurut Sanada, ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode. Permasalahan dalam penelitian ini adalah jenis dan faktor yang menyebabkan alih kode dalam konten kolaborasi youtube Pavolia Reine. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis alih kode dan faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode. Dengan menggunakan konten youtube sebagai objek penelitiannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jenis alih kode yang digunakan adalah alih kode eksternal. Terdapat 7 faktor penyebab terjadinya alih kode dari 9 faktor penyebab alih kode berdasarkan Sawada, dan ditemukan 28 data temuan dalam sampel penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120128 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, Sosiolinguistik, Bilingualisme, Alih Kode, Youtube. |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 04:37 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 04:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196876 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rosyad Vai Satu Alesiansyah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |