Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Ponorogo Cerdas (Studi Pada Mustahiq Baznas Ponorogo) Skripsi

Putri, Arina Ayu and Aminnullah Achmad Muttaqin (2022) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Ponorogo Cerdas (Studi Pada Mustahiq Baznas Ponorogo) Skripsi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dana zakat mempunyai fungsi untuk mendistribusikan dananya kepada kelompok masyarakat yang tidak mampu atau mustahik dalam pemberdayaan masyarakat atau dana konsumtif saja yang diberikan untuk langsung dikonsumsi. Dana zakat juga bisa disalurkan untuk biaya Pendidikan dalam bentuk beasiswa bagi masyarakat yang tidak mampu. Penelitian ini dilakukan di daerah kabupaten dengan tujuan untuk meneliti pemberdayaan masyarakat melalui program beasiswa Pendidikan pada Baznas Kabupaten Ponorogo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan suatu kegiatan yang harus melakukan survey ke lapangan untuk mengidentifikasi informasi-informasi serta keaadan yang di lakukan disana. Untuk itu maka pendekatan yang tepat adalah kualitatif karena dapat mengungkap berbagai informasi dengan deskripsi-analisis yang teliti dan penuh makna, memberikan rincian yang kompleks tentang fenomena yang sulit diungkapkan. Hasil dari penelitian ini adalah Program ponorogo cerdas yang digulirkan oleh BAZNAS Ponorogo dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat agar kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik dan berjalan efektif, informasi ini didukung oleh beberapa informan. Di balik kesusksesan ini terdapat kendala masih banyak kurangnya pemahaman masyarat tentang zakat yang ada di BAZNAS, dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan dana zakat di BAZNAS. Terdapat juga faktor yang mendukung program ini berjalan dengan lancar karena adanya kerjasama oleh orang tua dan sekolah serta kerjasama penerima beasiswa.

English Abstract

Zakat funds have a function to distribute their funds to community groups who are unable or mustahik in community empowerment or only consumptive funds are given for direct consumption. Zakat funds can also be channeled for education costs in the form of scholarships for poor people. This research was conducted in the district with the aim of researching community empowerment through the Education scholarship program at Baznas Ponorogo Regency. In this study using a qualitative approach. This research is an activity that must carry out a survey in the field to identify information and conditions that are carried out there. For this reason, the right approach is qualitative because it can reveal various information with careful and meaningful description-analysis, providing complex details about phenomena that are difficult to express. The result of this research is the Smart Ponorogo Program launched by BAZNAS Ponorogo in order to improve community empowerment so that the quality of life of the community becomes better and runs effectively, this information is supported by several informants. Behind this success, there are obstacles that are still a lot of lack of public understanding of zakat in BAZNAS, and the lack of public knowledge about the management of zakat funds at BAZNAS. There are also factors that support this program to run smoothly because of the collaboration between parents and schools as well as the cooperation of scholarship recipients.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020183
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Ponorogo, Zaka, BAZNAS, Ponorogo, Zakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:57
Last Modified: 24 Jan 2023 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196871
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arina Ayu Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item