Analisis Preferensi Konsumen Menggunakan Importance-Performance Analysis (Studi Pada Konsumen Starbucks Coffee Jemursari Surabaya

Andreika, Alvando Putra and Ainur Rofiq, (2022) Analisis Preferensi Konsumen Menggunakan Importance-Performance Analysis (Studi Pada Konsumen Starbucks Coffee Jemursari Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memahami perilaku konsumen dalam memilih produk kopi di Starbucks Coffee. Salah satu cara untuk melihat perilaku konsumen adalah dengan menganalisis preferensi konsumen. Metode yang digunakan dalam menganalisis preferensi konsumen yaitu Importance-Performance Analysis (IPA). Importance-Performance Analysis (IPA) digunakan untuk membuat peringkat (ranking) bermacam-macam atribut jasa dan mengidentifikasikan tindakan apa saja yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada konsumen Starbucks Cofee Jemursari Surabaya. Metode analisis data yang digunakan adalah Importance-Performance Analysis (IPA) dengan menganalisis atribut mana saja yang memiliki tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja. Hasil yang diperoleh dari Importance- Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menentukan strategi yang tepat guna memperbaiki kinerja dari perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang termasuk dalam kuadran A adalah mempertimbangkan kesesuaian harga dengan pelayanan; mempertimbangkan keramahan, kesopanan, perhatian pramusaji dalam melayani konsumen ; mempertimbangkan kemenarikan promosi pada saat event-event tertentu. Yang termasuk dalam kuadran B adalah mempertimbangkan variasi menu; mempertimbangkan citarasa; mempertimbangkan kemudahan proses pembayaran; mempertimbangkan kecepatan waktu. Hasil penelitian juga menunjukkan yang termasuk ke dalam kuadran C adalah mempertimbangkan kesesuaian porsi; mempertimbangkan kemduhan dalam menentukan lokasi; mempertimbangkan kemampuan pramusaji menjawab pertanyaan konsumen; mempertimbangkan kecepatan wifi; mempertimbangkan ketersediaan ruangan khusus untuk perokok. Dan yang termasuk dalam kuadran D adalah mempertimbangkan keluasaan tempat parkir; mempertimbangkan frekuensi/seringnya update promo di media sosial

English Abstract

The objective of this study is to understand customer’s behavior in choosing coffee- based beverages in Starbucks Coffee. The behavior can be observed by, one of which, analyzing the preference. In this study customer’s preference was analyzed using Importance-Performance Analysis (IPA). This method is useful in ranking various service attributes and identifying actions need to be taken by companies. The data of this research was acquired by distributing questionnaires to the customers of Starbucks Coffee of Jemursari in Surabaya and was analyzed using the aforementioned method by observing which attributes having conformity between importance and performance; which result was used to determine the appropriate strategy to enhance company’s performance. This study finds that quadrant A includes considering the suitability of price with service, considering waitperson’s hospitality, politeness, and attention in serving customers, and considering promotion’s attractiveness in certain events. Quadrant B includes considering menu variation, considering taste, considering convenience in payment, and considering timeliness in delivering orders. Quadrant C includes considering portion size, considering ease in determining location, considering waitperson’s ability in answering customer’s questions, considering Wi-Fi strength, and considering the availability of space for smoking customers. Quadrant D includes considering parking space size, considering the frequency of promo updates in social media

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020499
Uncontrolled Keywords: Importance-Performance Analysis (IPA), bauran pemasaran, atribut repenting, atribut kinerja, atribut kesesuaian, Importance-Performance Analysis (IPA), marketing mix, importance attribute, performanceattribute, conformity attribute
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:03
Last Modified: 19 Jan 2023 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196774
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
alvandoputra andreika.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item