Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi (Studi Pada Kopi Janji Jiwa Di Kota Kediri)

Filian, Raka Christ and Dr. Ir. Agustina Shinta Hw, and Dr. Fitria Dina Riana, (2022) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi (Studi Pada Kopi Janji Jiwa Di Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki berbagai jenis kopi mulai dari Robusta, Arabika, dan Liberika yang di produksi di berbagai daerah. Mengkonsumsi kopi juga sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu hingga saat ini. Pada zaman sekarang kebiasaan mengkonsumsi kopi mulai digemari oleh anak-anak muda diberbagai daerah. Indonesia juga memiliki speciality coffee antara lain Kopi Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Lintong, Kopi Java, dan tentunya kopi luwak yang sudah terkenal hingga kedunia Internasional. Perkembangan tren meminum kopi juga sangat di respon oleh masyarakat Indonesia, terbukti dengan semakin banyaknya coffee shop atau warung kopi yang menawarkan produk mereka, mulai dari yang bernilai puluhan ribu Rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Bisnis kedai kopi di Indonesia mulai marak sejak masuknya kedai kopi asal Seattle, Amerika yaitu Starbucks. Kemunculan Starbucks mampu membawa fenomena baru, kini kita melihat sudah banyak bermuculan coffee shop atau kedai kopi seperti J.CO Donuts and Coffee, Morning glory, coffee smith, common ground, dan lainnya yang ikut meramaikan kedai kopi di Indonesia. Pemilik kedai-kedai akhirnya dituntut untuk selalu melakukan perubahan atau inovasi dan memberikan pelayanan, produk juga kualitas lokasi yang terbaik kepada konsumen agar konsumen merasa puas terhadap kedai-kedai kopi tersebut. Setiap pelaku usaha di tiap kategori bisnis dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi dan menempatkan orientasi kepada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama (Kotler, 2005). Banyaknya kedai kopi yang bermunculan di beberapa wilayah di Indonesia, dapat menunjukkan bahwa trend konsumsi kopi di Indonesia saat ini tengah popular. Banyak kedai kopi yang mulai menawarkan beberapa produk kopi khas Indonesia. Semakin meningkatnya gaya hidup sebagian besar masyarakat maka meningkat pula industri kopi yang ada di Indonesia. Salah satu kedai kopi yang popular saat ini adalah Kopi Janji Jiwa. Dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas produk dan kualitas pelayanan. Philip Kotler (2000: 448) menjelaskan, “Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan”. Tiap produk berkaitan dengan produk-produk lain tertentu. yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan. Pelayanan adalah setiap kegiatan atau tindakan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun Kotler (2002:83). Lokasi penelitian juga dipertimbangkan karena lokasi mudah dijangkau oleh peneliti karena letak lokasi penelitian berada tidak jauh dari rumah peneliti. Selain itu, kegiatan pengumpulan data untuk keperluan penelitian lebih mudah dilakukan karena kedai kopi tersebut sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Kota ii Kediri. Teknik penentuan sampel responden yang akan diambil dalam penelitian ini menggunakan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberkan kuesioner pada pelanggan Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri. Dalam penelitian ini diambil sebanyak 116 orang yang telah menjadi responden. Uji Instrumen dari penelitian yang terdiri atas uji validitas dan uji realibilitas. Yaitu uji validitas dengan nilai signifikasi lebih besar dari r table yang berarti tiap – tiap item variable adalah valid, dilanjutkan dengan uji reliabilitas dengan menggunakan alpha cronbach yang dimana setiap variable ditemukan sudah reliable. Uji asumsi klasik yang menjadi pengujian berikutnya, uji asumsi klasi terdiri atas uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Dimulai dari uji normalitas, dengan nilai signifikan yang dimana nilai tersebut lebih besar dari 0,05. Kemudian uji kedua yaitu uji Multikolinearitas dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi multikolinearitas antar variable bebas. Uji ketiga yaitu uji heteroskedastisitas dengan hasil yang menggunakan diagram scatterplot tidak terdapat gejala heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis regresi secara simultan hasil Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh positif yang signifikan kualitas produk, kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh positif yang signifikan kualitas produk, kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen diterima. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial didapatkan hasil Ho yang berbunyi kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen diterima. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial didapatkan hasil Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh positif yang signifikan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh positif yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diterima

English Abstract

Indonesia has various types of coffee ranging from Robusta, Arabica, and Liberica which are produced in various regions. Consuming coffee has also become part of the daily life of Indonesian people from the past until now. At this time the habit of consuming coffee began to be favored by young people in various regions. Not only for drinking coffee, but also for special activities such as being creative, doing assignments, watching shows, or just hanging out. Indonesia also has special coffees, including Gayo Coffee, Mandailing Coffee, Lintong Coffee, Java Coffee, and of course Luwak coffee which is well known internationally. The development of the trend of drinking coffee is also very responsive to the Indonesian people, as evidenced by the increasing number of coffee shops or coffee shops offering their products, ranging from those worth tens of thousands of rupiah to hundreds of thousands of rupiah. The coffee shop business in Indonesia has started to bloom since the entry of a coffee shop from Seattle, America, namely Starbucks. The emergence of Starbucks is able to bring a new phenomenon, now we see that there have been many coffee shops or coffee shops such as J.CO Donuts and Coffee, Morning glory, coffee smith, common ground, and others who have enlivened coffee shops in Indonesia. The shop owners are finally required to always make changes or innovations and provide the best service, product and location quality to consumers so that consumers feel satisfied with these coffee shops. Every business actor in each business category is required to be sensitive to any changes that occur and place an orientation to customer satisfaction as the main goal (Kotler, 2005). The number of coffee shops that have sprung up in several regions in Indonesia can show that the trend of coffee consumption in Indonesia is currently popular. Many coffee shops are starting to offer some typical Indonesian coffee products. As the lifestyle of most people increases, the coffee industry in Indonesia also increases. One of the most popular coffee shops today is Kopi Promise Jiwa. In achieving the goal to get customer satisfaction can be influenced by various factors, such as product quality and service quality. Philip Kotler (2000: 448) explains, "A product is anything that can be offered to a market to satisfy a want or need". Each product is related to certain other products. that can be offered to a market to satisfy wants and needs. A service is any activity or action that one party can offer to another that is intangible and does not result in the ownership of anything (Kotler (2002:83). The research location is also considered by the researcher because the location is easily accessible by the researcher because the location of the research location is not far from the researcher's house. In addition, data collection activities for research purposes are easier to do because the coffee shop is already quite well known among the people of Kediri City. The sampling technique used was the Non-probability Sampling technique. The technique of determining the sample of respondents to be taken in this study iv uses accidental sampling technique. Data collection is done by giving a questionnaire to the customers of Kopi Promise Jiwa in the city of Kediri. In this study taken as many as 116 people who have become respondents. The results of this study are product quality has a significant influence on consumer satisfaction. This is based on the results of research that there are several variable items that have a high value on consumer satisfaction. Then, the service quality variable also has a significant influence on customer satisfaction. This is based on the value obtained from the calculation of data analysis

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040285
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:54
Last Modified: 04 Jan 2023 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196583
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RAKA CHRIST FILIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item