Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di P4s Maura Farm Bekasi Jawa Barat

Intania, Fitri Elfiarini and Dr. Ir. Agustina Shinta Hw, and Febriananda Faizal, (2022) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di P4s Maura Farm Bekasi Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hidroponik (hydroponics) adalah salah satu metode dalam budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dan menekankan pada pemenuhan nutrisi bagi tanaman. Budidaya secara hidroponik telah banyak diterapkan, hidroponik semakin banyak diterapkan mulai dari kalangab masyarakat umum, instansi pemerintahan maupun, salah satunya yaitu P4S Maura Farm Bekasi. Jangkauan pasar yang masih sempit menjadi kendala yang saat ini sedang dihadapi oleh P4S Maura Farm Bekasi. Selain masih minimnya jangkauan pasar, belum dikenalnya produk sayuran hidroponik oleh masyarakat juga menjadi permasalahan yang sedang dihadapi oleh P4S Maura Farm Bekasi. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam bauran pemasaran agar dapat meningkatkan volume penjualan serta meningkatkan pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan pelaksanaan bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh P4S Maura Farm Bekasi terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik, serta untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menjelaskan pengaruh produk, harga, distribusi, serta promosi terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik di P4S Maura Farm Bekasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang memenuhi syarat yaitu pernah membeli produk sayuran hidroponik di P4S Maura Farm Bekasi setidaknya satu kali. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). Hasil dari penelitian pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik di P4S Maura Farm Bekasi memiliki pengaruh R2 sebesar 0,683, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel X1 (product), X2 (price), X3 (place), X4 (promotion) sebesar 68,3% sedangkan sisanya 31,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Variabel product dan price memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel place dan promotion memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal yang perlu diperhatikan oleh P4S Maura Farm Bekasi adalah peningkatkan serta perbaikan dalam variabel place (tempat) serta promotion (promosi). Strategi place (tempat) dapat ditingkatkan atau perbaiki dengan membuka stand kecil di tempat yang lebih strategis seperti pinggi jalan raya atau jalan utama yang terlihat dan mudah diakses oleh konsumen sehingga akan meningkatkan penjualan produk. Strategi promotion (promosi) dapat diperbaiki dengan meningkatkan keaktifan intensitas promosi baik secara online dengan menggunakan Instagram dan WhatsApp maupun secara offline dengan penyebaran brosur ke rumah-rumah warga atau pembuatan banner pada jalan-jalan yang strategis.

English Abstract

Hydroponics (hydroponics) is a method of cultivating plants by utilizing water without using soil media and emphasizing the fulfillment of nutrients for plants. Hydroponic cultivation has been widely applied, hydroponics is increasingly being applied from among the general public, government agencies and, one of them is P4S Maura Farm Bekasi. The market reach that is still narrow is an obstacle currently being faced by P4S Maura Farm Bekasi. In addition to the lack of market reach, the lack of recognition of hydroponic vegetable products by the community is also a problem that is being faced by P4S Maura Farm Bekasi. Therefore, it is necessary to improve the marketing mix in order to increase sales volume and increase revenue. The purpose of this study is to identify and explain the implementation of the marketing mix that has been applied by P4S Maura Farm Bekasi to the purchasing decisions of hydroponic vegetables, as well as to identify, analyze, and explain the effect of product, price, distribution, and promotion on purchasing decisions of hydroponic vegetables at P4S. Maura Farm Bekasi. Determination of the sample in this study used purposive sampling method with a total sample of 100 respondents who meet the requirements that have bought hydroponic vegetable products at P4S Maura Farm Bekasi at least once. Analysis of the data used in this study using SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square). The results of the research on the influence of the marketing mix on the purchasing decisions of hydroponic vegetables at P4S Maura Farm Bekasi have an R2 effect of 0.683, from these results it can be concluded that the purchasing decision variable (Y) can be explained by the variables X1 (product), X2 (price), X3 (place), X4 (promotion) of 68.3% while the remaining 31.7% is explained by other variables outside the study. Product and price variables have a positive and significant effect on purchasing decisions, while place and promotion variables have a positive but not significant effect on purchasing decisions. P4S Maura Farm Bekasi should improve in the place and promotion variables. The place strategy can be improved or improved by opening a small stand in a more strategic place such as the side of a highway or main road that is visible and easily accessible to consumers so that it will increase product sales. The promotion strategy (promotion) can be improved by increasing the activeness of the promotion intensity both online using Instagram and WhatsApp and offline by distributing brochures to people's homes or making banners on strategic roads

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040275
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:04
Last Modified: 04 Jan 2023 00:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196561
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FITRI ELFIARINI INTANIA_.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[thumbnail of Ipik.pdf] Text
Ipik.pdf - Draft Version

Download (0B)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item