Handika, Hikmatul Laili Putri and Dr. Silvana Maulidah, and Bayu Adi Kusuma, (2022) Pengaruh Karakteristik Website Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam E-Commerce (Studi Pada E-Commerce Produk Hasil Pertanian Sa******). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Internet merupakan teknologi yang memungkinkan untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Kecepatan dan kemudahan tersebut meningkatkan pengguna internet di Indonesia. Peningkatan pengguna internet menjadi peluang bisnis dengan memasarkan produk secara online atau dikenal dengan e-commerce. E-commerce dapat memasarkan produk melalui media aplikasi dan website. Pelaku bisnis yang telah memasarkan produk di e-commerce berasal dari industri yang beragam. Sayurbox merupakan pelaku bisnis yang menjual beragam produk hasil pertanin melalui e-commere dengan memanfaatkan aplikasi dan website sebagai media untuk memasarkan produknya. Penggunaan media aplikasi dan website tidak terlepas dari pemasalahan terkait atribut-atribut dalam aplikasi dan website tersebut. Kendala yang ditemukan oleh konsumen tersebut adalah dalam segi pengiriman, kualitas produk, pembayaran, aplikasi, dan customer service. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan karakteristik website dalam e-commerce; (2) Mendeskripsikan kepuasan konsumen dalam berbelanja melalui e-commerce; (3) Menganalisis pengaruh variabel karakteristik website terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja produk hasil pertanian melalui e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2022. Lokasi penelitian ditetapkan pada Kota Surabaya dan Sidoarjo. Metode penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian adalah sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner online dengan media google form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software WarpPLS 7.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kenyamana belanja, desain situs, keamanan, komunikasi, dan kualitas informasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa desain situs, keamanan, dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhada kepuasan konsumen. Desain situs memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0.376 dengan p-value sebesar <0.0001. Keamanan memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0.210 dan memiliki nilai p-value sebesar 0.014. Serta kualitas informasi memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0.362 dengan nilai p-value sebesar <0.001. Sedangkan kenyaman belanja dan komunikasi memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. ii Saran yang dapat diberikan kepada pelaku usaha yang menjual produk hasil pertanian melalui e-commerce adalah memberikan tata cara untuk menggunakan voucher yang dapat diakses melalui aplikasi dan website. Produk yang ditampilkan dalam aplikasi dan website juga perlu untuk ditambahkan beberapa produk seperti produk jenis hidroponik. Serta memastikan bahwa konsumen mendapatkan produk yang sesuai dengan pesanan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel laten lain yang berpengaruh besar terhadap kepuasan konsumen. Serta meneliti pengaruh karakteristik website terhadap kepuasan dengan lokasi dan objek penelitian yang berbeda
English Abstract
Internet is a technology that makes it possible to get information quickly and easily. Speed and convenience have lead to an increasing internet users in Indonesia. The increasing internet users becomes a business opportunity to sell their product in online or known as e-commerce. The media that can use to sell product in e-commerce are applications and websites. Business who have marketed products in e-commerce come from various industries. Sayurbox is a business that sells various agricultural products through e-commerce by utilizing applications and websites as media to market their products. The use of applications and websites cannot be separated from problems related to the attributes in there. There are some problems that faced by consumers are in terms of delivery, product quality, payment, application, and customer service. The aims of this study are as follows: (1) Describe the characteristics of websites in e-commerce; (2) Describe consumer satisfaction in purchasing agricultural products through e-commerce; (3) Analyze the influence of website characteristics variables on consumer satisfaction in purchasing of agricultural products through e-commerce. The research method used is a quantitative research method and the research is carried out from February to April 2022. The research locations are located in the cities of Surabaya and Sidoarjo. The method of determining the sample uses a non-probability sampling technique with purposive sampling. The number of respondents in the study were 100 respondents. The method of data collection is done by using an online questionnaire with google form media. The data analysis method used in this research is descriptive analysis and Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) analysis with the help of WarpPLS 7.0 software. The variables used in this study are shopping convenience, site design, security, communication, and information quality. The results of the study show that site design, security, and information quality have a positive and significant effect on consumer satisfaction. The site design has a path coefficient value of 0.376 with a p-value of <0.0001. Security has a path coefficient value of 0.210 and has a p-value of 0.014. And the quality of information has a path coefficient value of 0.362 with a p-value of <0.001. While shopping convenience and communication have a positive but not significant effect on consumer satisfaction. iv Suggestions that can be given to agricultural product businesses through e-commerce is to provide procedures for using vouchers that can be accessed through applications and websites. The products displayed in the application and website also need to be added to some products such as hydroponic type products. As well as ensuring that consumers get products that match orders. For further researchers, it is hoped that they can add other latent variables that have a major influence on consumer satisfaction. As well as examining the effect of website characteristics on satisfaction with different locations and research objects
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522024225 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 03:33 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 04:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196434 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hikmatul Laili Putri Handika.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |