Tripod Value: Jawaban Atas Enigma Harga Jual Foto

Sugianto, - and Prof. Dr. Made Sudarma,, MM., Ak and Dr. Dra. Lilik Purwanti,, M.Si., Ak and Yeney Widya Prihatiningtias,, S.E., M.SA., DBA., Ak (2022) Tripod Value: Jawaban Atas Enigma Harga Jual Foto. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini menyibak nilai dibalik enigma praktik penentuan harga jual foto pada industri fotografi komersial. Paradigma interpretif dengan pendekatan etnofotografi digunakan sebagai metode untuk menggali data pada proses penentuan harga jual foto komersial. Data digali dari ungkapan pengalaman informan yang terlibat dan mengetahui permasalahan yang diteliti. Penelitian ini menggunakan Atlas.ti sebagai tools dalam mengolah data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua pendekatan; analisis data etno (tekstual) menggunakan Summative Content Analysis untuk menggambarkan nilai-nilai dibalik proses produksi foto dan analisis data visual (fotografi) dilakukan dengan mengungkapkan nilai-nilai pada rangkaian foto-foto yang dijadikan sebagai data penelitian. Penelitian ini mengungkap nilai dibalik penentuan harga jual yang berbasis tripod value. Konsep tripod value terdiri atas tiga komponen yang menopang dalam penentuan harga jual foto, yaitu: pertama nilai keindahan, harga sebuah foto sangat tergantung pada functional benefit dalam sebuah foto: kedua nilai relasi, harga foto yang dijual cenderung abai terhadap perubahan harga karena adanya kedekatan emosional (emotional benefit) dan: ketiga nilai keberkahan, penentuan harga jual dengan memberikan muatan spiritual (spiritual benefit) yang menjadikan profit dalam penentuan harga bukanlah segalanya. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya mempertimbangkan nilai intangible dalam penentuan harga jual foto selain unit cost pada akuntansi manajemen. Implikasi secara metodologi, menyajikan metode etnofotografi sebagai “breakthrough” dalam kajian riset akuntansi.

English Abstract

This study aims to reveal the value behind the enigma of photos selling price determination practices in the commercial photography industry. An ethno- photography approach of the interpretive paradigm is used for collecting data, which was extracted from the experience of the informants who were involved and acquainted with the problems being studied. This study uses Atlas.ti as a tool in processing data, and analyzed with employing two approaches, namely the ethno data analysis (textual) using Summative Content Analysis to describe the values behind the photo production process; and the visual data analysis (photography), which is carried out by revealing the values in a series of photographs that are used as the research data. This study uncovers the value behind the tripod value-based selling price determination. The concept of tripod value consists of three supporting components for the photo selling price determination. Firstly, the beauty value, the price of a photo is highly dependent on the functional benefits in a photo: secondly, the relationship value, the price of a photo tends to be indifferent to the general price changes because of the emotional benefits contained in the photo: and lastly, the blessing values, a photo’s selling price is determined by considering a spiritual content (spiritual benefit) which makes the photo priceless. The implications of this study show the importance of considering intangible values in determining the selling price of photos other than unit costs in management accounting. The methodological implication is that it presents the ethnophotographic method as a "breakthrough" in the study of accounting research

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0622020017
Uncontrolled Keywords: Etnofotografi, Tripod Value, Harga Jual Foto, Nilai Keindahan, Nilai Relasi dan Nilai Keberkahan, Ethnophotography, tripod value, photo’s selling price, beauty value, relationship value, blessing value.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:28
Last Modified: 14 Nov 2022 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196294
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SUGIANTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (36MB)

Actions (login required)

View Item View Item