Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Kesehatan Mental Dan Gangguan Produktivitas Tenaga Kerja Dimasa Pandemi Covid 19 ( Studi Kasus Karyawan Pt Waskita Beton Precast Plant Prambon Sidoarjo)

Putri, Natasya Aditya and Atu Bagus Wiguna,, S. E., M.E (2022) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Kesehatan Mental Dan Gangguan Produktivitas Tenaga Kerja Dimasa Pandemi Covid 19 ( Studi Kasus Karyawan Pt Waskita Beton Precast Plant Prambon Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausal antara status sosial ekonomi terhadap kesehatan mental yang dapat meningkatkan gangguan produktivitas tenaga kerja di PT Waskita Beton Precast Plant Prambon Sidoarjo pada masa pandemi COVID 19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode pengumpulan dana melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh tenaga kerja di PT Waskita Beton Precast Plant Prambon Sidoarjo dengan sempel 91 pekerja. Penelitian ini terdiri dari dua model analisis. Model pertama untuk menganalisis hubungan antara status sosial ekonomi, dan stress kerja terhadap gangguan depresi tenaga kerja. Pengujian hipotesis pada model yang pertama menggunakan analisis regresi logistik. Model kedua untuk menganalisis hubungan antara depresi dengan risiko gangguan produktivitas akibat masalah kesehatan. Pengujian hipotesis pada model kedua menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan program komputer analisis statistik STATA versi 16. Pada model pertama, hasil uji analisis menunjukan bahwa Pendidikan (X3), Beban Kerja (X4), dan Ketidakamanan Kerja (X5) secara signifikan berpengaruh terhadap Depresi (Y). Pada model kedua, hasil uji analisis menunjukkan bahwa Depresi berpengaruh signifikan terhadap Gangguan Produktifivitas akibat masalah kesehatan dengan nilai signifikan dibawah 0.05. Dari penelitian ini, perusahaan diharapkan tidak hanya fokus pada kesehatan karyawan secara fisik tetapi juga sehingga produktivitas karyawan semakin meningkat.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020124
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi; Stress Kerja; Depresi, Gangguan Produktivitas Tenaga Kerja; COVID 19,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:00
Last Modified: 10 Nov 2022 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196258
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NATASYA ADITYA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item