Implementasi Akad Mudharabah Pada Penerbitan Sukuk Oleh Perusahaan Jasa Non-Keuangan Berbasis Konvensional (Studi Pada Pt. Wijaya Karya (Persero) Tbk.)

Ramadhanty, Nabila Safira and Puspitasari Wahyu Anggraeni,, S.E., M.Ec.Dev (2021) Implementasi Akad Mudharabah Pada Penerbitan Sukuk Oleh Perusahaan Jasa Non-Keuangan Berbasis Konvensional (Studi Pada Pt. Wijaya Karya (Persero) Tbk.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akad mudharabah pada penerbitan sukuk oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, serta data sekunder yang diperoleh dari literatur, artikel, jurnal dan juga situs dari internet. Penelitian ini terdapat unit analisis yang terdiri dari Staf Departemen Strategi Keuangan Divisi Keuangan PT WIKA yang mengurus kegiatan penerbitan sukuk dan obligasi WIKA, Manajer Umum Departemen Strategi Keuangan Divisi Keuangan PT WIKA, Tim Ahli Syariah untuk PT Wijaya Karya, dan juga Seketaris Bidang Edukasi, Sosialisasi dan Literasi DSN-MUI, Prospektus Penawaran Umum Berkelanjutan I Obligasi Berkelanjutan I dan Sukuk Berkelanjutan I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksplanatif. Metode pengambilan data penelitian ini menggunakan teknis dokumen, teknik wawancara dan juga teknik observasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT WIKA menerbitkan sukuk dengan alasan untuk menangkap pasar atau target yang lebih besar di pasar modal, sukuk yang diterbitkan oleh PT WIKA adalah sukuk mudharabah, hal ini dikarenakan sukuk ini tidak menggunakan aset sebagai dasar sukuknya, melainkan menggunakan usaha yang dijalaninya. Usaha yang menjadi dasar dari sukuk PT WIKA adalah proyek gedung dan infrastruktur. Skema sukuk mudharabah yang dijalankan oleh PT WIKA sudah memenuhi dengan rukun dan syarat akad mudharabah, akan tetapi tidak sempurna. Sukuk Mudharabah ini ditentukan oleh tim ahli syariah atas rekomendasi DSN-MUI yang diambil dari daftar ASPM. Investor sukuk sama seperti obligasi diwakili oleh wali amanat. Kupon yang digunakan untuk penjualan sukuk di pasar modal menggunakan nisbah bagi hasil. Ketentuan-ketentuan yang ditentukan oleh tim ahli syariah adalah suatu closure dengan tujuan agar investor dan perusahaan sama-sama nyaman

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020492
Uncontrolled Keywords: Akad Mudharabah, Sukuk Mudharabah, PT WIKA (Wijaya Karya),
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:38
Last Modified: 10 Nov 2022 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196253
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabila Safira Ramadhanty.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item