Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat Bekasi Dalam Berwakaf Uang

Nastiti, Hasna Mumtaz and Ika Khusnia Anggraini,, S.HI., M.HI. (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat Bekasi Dalam Berwakaf Uang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Umat Islam dianjurkan untuk selalu mencari keberkahan Allah SWT dan saling membantu orang lain yang membutuhkan di lingkungan sekitar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyisihkan sebagian harta untuk disalurkan dalam bentuk wakaf uang. Manfaat wakaf uang dapat dirasakan terus-menerus dan meningkatkan taraf hidup masyarakat untuk lebih sejahtera. Wakaf uang mempunyai potensi yang cukup besar yang bisa digunakan untuk kepentingan umat. Namun, realisasi wakaf uang saat ini tidak sebesar potensi yang ada atau hanya sekitar milyaran rupiah saja, sedangkan potensi wakaf mencapai triliunan rupiah. Dengan beberapa variabel yang ditemukan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen, yaitu literasi wakaf uang, pendapatan, perilaku Ihsan, dan egalitarianisme Islam terhadap keputusan masyarakat Bekasi dalam berwakaf uang. Penelitian ini dilakukan di wilayah Bekasi karena wakaf uang Bekasi yang sedang berkembang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan alat analisis regresi logistik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hanya literasi wakaf uang yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat Bekasi dalam berwakaf uang. Hal tersebut disebabkan karena individu dengan pengetahuan tentang wakaf uang memiliki peluang yang lebih besar untuk berwakaf uang.

English Abstract

Muslims are encouraged to always seek Allah's blessings and help each other in need in the environment. One way that can be done is to set aside some of the assets to be distributed in cash waqf. The benefits of cash waqf can be felt continuously and improve people's living standards to be more prosperous. Cash waqf has considerable potential that can be used to benefit the people. However, the current realization of cash waqf is not as big as the existing potential or only around billions of rupiah, while the potential for waqf reaches trillions of rupiah. With several variables found, this study aims to determine the effect of each independent variable, namely cash waqf literacy, income, Ihsan behavior, and Islamic egalitarianism, on the Bekasi people's decisions in cash waqf. This research was conducted in the Bekasi area because of the growing Bekasi cash waqf. The method used is descriptive quantitative with a logistic regression analysis tool. This research shows that only cash waqf literacy significantly affects the Bekasi community's decision to make cash waqf. This is because individuals with knowledge of cash waqf have a more substantial opportunity to do cash waqf.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020101
Uncontrolled Keywords: Wakaf uang, literasi wakaf uang, pendapatan, perilaku Ihsan, egalitarianisme Islam, Cash Waqf, cash waqf literacy income, Ihsan behavior, and Islamic egalitarianism.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:05
Last Modified: 09 Nov 2022 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196216
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HASNA MUMTAZ NASTITI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item