Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Platform Digital Banking (Studi Pada Generasi Z Kota Malang)

Donabella, Belinda Calista and Dr. Dra. Asfi Manzilati,, ME (2022) Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Platform Digital Banking (Studi Pada Generasi Z Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi dan ekonomi yang semakin berkembang sehingga memberikan dampak efisien pada penggunaan uang tunai. Ketika menggunakan uang tunai untuk bertransaksi dengan nilai yang cukup besar menjadi tidak efisien. Tindak kejahatan seperti perampokan, pencurian hingga pemalsuan menyebabkan masyrakat mempunyai rasa takut dalam menyimpan atau membawa uang tunai dalam jumlah besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan, kemudahan, inovasi, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan platform digital bank. sampel penelitian yang digunakan sebanyak 200 orang dari Generasi Z di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan Teknik Analisa data menggunakan regresi logistic. Hasil penelitia menunjukkan secara simultan kualitas layanan dan kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan platform digital bank, sedangkan secara parsial inovasi dan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan platform digital bank. pihak perbankan perlu meningkatkan inovasi melalui digital bank yang dimiliki dan memberikan kepercayaan kepada nasabah dalam penggunaan digital bank tersebut.

English Abstract

Technology and an increasingly developing economy that has an efficient impact on the use of cash. When using cash to transact with a large enough value it becomes inefficient. Crimes such as robbery, theft and counterfeiting cause people to have a fear of storing or carrying large amounts of cash. The purpose of this study was to determine how the influence of service quality, convenience, innovation, and trust on customer satisfaction in using the bank's digital platform. The research sample used was 200 people from Generation Z in Malang City. The research method used is a type of quantitative research with data analysis techniques using logistic regression. The results show that simultaneously service quality and convenience have an effect on customer satisfaction in using the bank's digital platform, while partially innovation and trust have no significant effect on customer satisfaction in using the bank's digital platform. banks need to increase innovation through digital banks they have and provide.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020077
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; Kemudahan;Inovasi; Kepercayaan; Kepuasan Nasabah; Digital Bank, Quality of service; Convenience; innovation; Trust; Customer Satisfaction; Digital Bankin
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:18
Last Modified: 07 Nov 2022 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196178
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Belinda Calista Donabella.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item