Analisis Cost Volume Profit (Cvp) Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Usaha Onotaki Dalam Situasi Ekonomi Masa Pandemi Covid-19

Ditoananto, Allegheno and Dr. Lilik Purwanti,, SE., M.Si., Ak. (2022) Analisis Cost Volume Profit (Cvp) Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Usaha Onotaki Dalam Situasi Ekonomi Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perekonomian Indonesia yang tidak stabil akibat krisis pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan kondisi dan persaingan bisnis yang semakin kompleks. Setiap usaha harus memiliki manajemen atau perencanaan usaha yang baik dalam mengelola sumber daya yang dimiliki secara efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implmentasi analisis Cost Volume Profit (CVP) sebagai alat perencanaan laba pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Objek penelitian ini adalah OnoTaki yang merupakan salah satu UMKM di bidang kuliner khas Jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang berisi data penjualan dan data pembelian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa usaha OnoTaki pada tahun 2021 berada di atas Break Even Point dan pengelolaan usaha cukup baik dengan Margin of Safety menunjukkan kondisi usaha tidak dalam bahaya. Target laba untuk tahun 2022 adalah sebesar Rp 24.000.000,-. Dengan bantuan analisis CVP, maka penjualan unit yang harus dicapai adalah sebesar 6.050 unit dengan tetap mempertahankan harga, kualitas produk, pelayanan kepada konsumen agar dapat menambah gerai.

English Abstract

The unstable Indonesian economy due to the COVID-19 pandemic crisis has led to changing conditions and increasingly complex business competition. Every business must have good management or business planning in managing its resources efficiently and effectively. This study aims to determine the implementation of Cost Volume Profit (CVP) analysis as a profit planning tool in Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The object of this research is OnoTaki which is one of the SMEs in the field of Japanese culinary specialties. This research uses a case study descriptive approach. Sources of data used in this study in the form of primary data containing sales data and purchase data. The results of the study indicate that the OnoTaki business in 2021 is above the Break Even Point and good business management with a Margin of Safety indicates that business conditions are not in danger. The profit target for 2022 is Rp. 24,000,000.-. With the help of CVP analysis, unit sales that must be achieved are 6,050 units by maintaining price, product quality, service to consumers in order to add outlets

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020064
Uncontrolled Keywords: Cost Volume Profit, Perencanaan Laba, Kewirausahaan, Break Event Point, Margin of Safety, , Volume Penjualan, Cost Volume Profit, Profit Planning, Entrepreneurship, Break Even Point, Margin of Safety, , Sales Volume
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:06
Last Modified: 04 Nov 2022 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196131
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Allegheno Ditoananto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item